Sambal Cibiuk, Nikmat Pedasnya Tak Bikin Mules

Sambal Cibiuk, teman makan nasi dan lauk yang nikmat
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Jika Anda pernah berkunjung ke kota Garut dan mampir ke restoran atau rumah makan, mungkin Anda sudah pernah merasakan sambal Cibiuk. Sambal ini merupakan salah satu sambal favorit di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

4 Idol K-Pop Kepincut Sambal Indonesia, Ada yang Ketagihan Sampai Nambah

Nama sambal Cibiuk diambil dari salah satu nama kecamatan di Garut, yaitu Cibiuk, Selain rasanya yang khas, sambal ini sangat enak bila disantap dengan beberapa jenis makanan lainnya.

"Dengan goreng atau bakar ayam dan ikan gurame, tahu, tempe dan jenis lauk pauk lainnya," ujar Etty Nurliati (58), salah seorang penikmat sambal Cibiuk asal Kecamatan Bayongbong, Garut, Rabu 6 Desember 2017.

Mengeksplorasi Cita Rasa Kuliner Dunia ke Meja Makan

Perpaduan rasa kencur dan terasi membuat penikmat sambal Cibiuk ketagihan. Sehingga banyak orang yang sengaja mencari restoran atau rumah makan yang menyajikan sambal Cibiuk.

"Selain rasa yang nikmat dan unik, juga rasa pedasnya tak membuat perut mules," kata Etty.

Ternyata, Sambal Bakar Indonesia yang Viral dan Punya Banyak Outlet Milik Richard Theodore

Menurut dia, sebenarnya tak sulit mencari bahan untuk membuat sambal Cibiuk. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan, seperti tomat hijau, cabai rawit, terasi yang dibakar, kencur, kemangi dan garam.

"Tapi kalau membuat di rumah sendiri tetap rasanya tak senikmat di restoran atau rumah makan yang biasa menyajikan sambal Cibiuk, " ujarnya.

Ilustrasi Bumi.

Terpopuler: Tempat Misterius di Bumi Disebut dalam Alquran, Idol K-Pop Kepincut Sambal

Berita mengenai daftar tempat misterius di bumi yang ternyata telah disebutkan dalam Alquran mengundang rasa penasaran netizen, hingga mengantarkan berita ini terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2023