Ingin Punya Pola Makan Sehat? Masak Makanan Sendiri

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Memasak di rumah masih dirasa sulit, memakan waktu lama, dan membosankan bagi sebagian orang. Padahal, makanan rumah merupakan faktor terpenting dalam memiliki pola makan sehat.

Ini 5 Tanda Kucing Peliharaan Kamu Sedang Sakit

Bahkan, studi yang dilakukan oleh Julia A. Wolfson, MPP yang menganalisa data survei dari National Health and Nutrition Examination menyebutkan bahwa orang yang sering memasak di rumah mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, gula dan lemak daripada orang yang jarang memasak di rumah.

"Umumnya ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat, termasuk bagaimana pola makan sehat bagi keluarganya. Namun, yang seringkali diabaikan adalah proses memasaknya," kata Dokter Spesialis Gizi, dr Cindiwaty Pudjiadi, Mars , MS, Sp.GK, saat Talk Show dan Cooking Demo ‘#ThePowerofHomemadeFood’, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis 7 Desember 2017.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Dia menyayangkan, apabila bahan bakunya sudah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat, sehingga gizi makanan yang didapatkan tubuh menjadi tidak maksimal.

"Misalnya, proses menggoreng yang tentu saja menggunakan minyak yang banyak. Penggunaan minyak ini akan meningkatkan total asupan kalori seseorang," ujar dia.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Hal ini, tentu saja dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menjadi obesitas. Obesitas sendiri berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, dan penyakit jantung.

Memasak sehat, lanjut dia, bisa juga dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti mengurangi minyak. Sebab itu, alat memasak modern seperti Philips Airfryer yang menggoreng tanpa minyak, lanjut dia, akan membantu mendukung pola hidup sehat.

IlustrasiKeluarga.

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Jelang Lebaran, biasanya aktivitas anak akan lebih padat. Terlebih jika orangtua mengajak serta buah hati untuk mudik dan tetap berpuasa. Bagaimana cara jaga kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024