RESEP: Tergoda Nikmatnya Semangkuk Sop Janda

Sop Janda.
Sumber :
  • Cookpad/Susi Agung

VIVA – Sop janda, hidangan asal Bekasi, Jawa Barat ini menjadi salah satu favorit pencinta kuliner pedas. Bagaimana tidak, sop ini terdiri dari kaldu dan daging sapi, beserta tetelan dengan kuah cabai rawit hijau. Bahkan cabai rawit hijaunya dimasak dalam bentuk utuh di dalam kuah sop. Bisa dibayangkan betapa pedas rasanya.

Sensasi Sop Janda, Citarasanya Memang Juara

Biasanya, daging sapi yang digunakan adalah bagian iga yang empuk. Namun, banyak pula orang yang menggunakan bagian sandung lamur yang memiliki banyak lemak.

Jika Anda tertarik membuatnya di rumah, berikut ini adalah resep sop janda dari salah satu pengguna situs Cookpad, Susi Agung.

Sop Janda yang Menggoda

Sop Janda

Bahan-bahan

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

-1 kilogram iga sapi berlemak
-100 gram rawit hijau (sesuai selera)
-2 butir cengkih
-2 sentimeter kayu manis
-1/4 buah pala, memarkan
-4 batang daun bawang, iris kasar
-2 batang seledri, iris kasar
-1 blok kaldu rasa sapi
-Garam secukupnya
-Gula secukupnya

Bumbu halus

-6 butir bawang merah
-4 siung bawang putih
-1 sdt merica butiran
-1 sentimeter jahe

Cara membuat

1. Rebus iga sapi bersama kayu manis, cengkih dan pala sampai dagingnya lunak (presto 15 menit), ambil iganya, saring sisa air rebusannya ke dalam panci, sisihkan.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan setengah bagian daun bawang, aduk-aduk sampai bumbu matang, tuang ke dalam air kaldu dan iga.

3. Panaskan kembali panci berisi kaldu dan iga, bumbui garam, gula dan kaldu blok rasa sapi, masukkan rawit hijau, masak sampai bumbu meresap, angkat, taburi sisa daun bawang, bawang goreng dan seledri, sajikan segera.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya