Bikin Kue, Sebaiknya Gunakan Baking Powder atau Baking Soda?

Ilustrasi baking soda.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA – Dengan nama dan tampilan yang hampir mirip, banyak orang sulit membedakan antara baking powder dan baking soda. Padahal keduanya sering muncul dalam resep yang sama. 

Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Bagi yang bingung membedakan antara baking powder dan baking soda, berikut perbedaan dari keduanya seperti dilansir dari Foodbeast.

Baking soda, atau sodium bicarbonate, adalah senyawa mineral yang jika dikombinasikan dengan sesuatu yang asam akan menciptakan karbon dioksida. Gas karbon dioksida ini akan menciptakan gelembung, yang membantu adonan mengembang.

Dokter Ungkap Trik Bikin Gorengan Sehat dan Renyah, Tambah Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan dalam resep yang mengandung bahan asam seperti buttermilk, gula merah, yoghurt, jus lemon, cuka, krim tartar, saus apel, bubuk dan coklat alami. Baking soda membantu produk jadi mengembang dan memiliki tekstur yang lebih tajam.

Baking soda juga memiliki rasa yang sedikit asin. Tapi tidak terlalu asin seperti garam. Terlalu banyak baking soda adalah salah satu penyebab kue yang umum gagal.

Manfaat Lain Baking Soda, Segarkan Ruangan Hingga Bersihkan Wastafel

Tidak seperti baking soda, yang terdiri dari satu bahan sederhana, baking powder adalah campuran baking soda dan krim tartar bubuk. Bahan yang tidak aktif seperti tepung maizena, membuat keduanya tidak bereaksi sampai cairan ditambahkan.

Penambahan krim tartar menambahkan keasaman ke resep yang tidak memerlukan bahan asam. Saat cairan ditambahkan, soda dan asam dalam krim tartar bergabung untuk menghasilkan karbon dioksida. 

Ketika reaksi itu dimulai, penting untuk memanggang adonan ini dengan cepat setelah menambahkan cairannya. 

Ingatlah bahwa baking powder dan baking soda bisa menjadi kurang efektif seiring berjalannya waktu, artinya jika terlalu lama kue Anda tidak akan mendapatkan pengembangan yang tepat. Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum mulai memanggang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya