Pepes Bandeng Super Pedas, Berani Coba?

Pepes Dendeng Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami

VIVA – Kota Surabaya tidak ada habisnya untuk dibahas soal urusan kuliner. Ada banyak kuliner yang bisa menjadi oleh-oleh. Salah satunya seperti pepes bandeng super pedas tanpa duri.

Menjajal Menu Spesial Imlek di Restoran Surabaya, The G Flavours

Tak lengkap rasanya bila Anda berlibur ke Surabaya tanpa membeli makanan ini sekedar untuk buah tangan. Dijamin enggak bakal rugi. Selain kualitas rasa, harganya juga cukup terjangkau.

Jajanan kuliner ini bisa ditemui di Restoran Ayam Bakar Primarasa Surabaya. Bukan cuma pepes bandeng, ada tambahan lain yang bisa dibeli seperti sambal bawang super hot.

Sate Kelopo Ondomohen

Dua jajanan kuliner ini tak sulit ditemui karena restoran terletak di pusat kota Surabaya. Soal harga masih terjangkau dan tak menguras kantong. Untuk satu ekor pepes bandeng super pedas tanpa duri frozen dibanderol dengan harga Rp71.500 ribu. Mau yang super pedas tanpa duri press dibanderol dengan harga Rp70.500 ribu.

"Pepes bandeng super pedas tanpa duri frozen dapat bertahan 3 bulan di dalam freezer. 3-4 hari di suhu ruang. Sedangkan pepes bandeng super pedas tanpa duri press dapat bertahan selama 2-3 hari saja," kata salah seorang pegawai restoran, Wisnu kepada VIVA dan Kementerian Pariwisata, Sabtu 20 Januari 2018.

Sajian 11.000 Bandeng Presto Pecahkan Rekor MURI di Surabaya

Bukan hanya sekadar pepes bandeng seperti yang sudah umum. Kuliner ini punya kelebihan tersendiri dibandingkan lainnya. Perbedaannya, pepes bandeng tersebut dikemas dalam kemasan tahan air. Kemasan ini juga beku sehingga lebih tahan lama.

Namun, berbeda dengan pepes bandeng super pedas tanpa duri press yang masih berbentuk lunak. Daya tahan kuliner ini lebih rendah dibandingkan dengan kemasan frozen.

"Walaupun berbeda kemasan, namun cara penyajiannya pun sama. Cukup panaskan dengan oven atau dendeng kemudian taburi dengan sambal bawang super pedas di atasnya," ujarnya.

Sementara, untuk sambal bawang super pedas dijual dengan harga Rp25 ribu perbotol. Sambal bawang ini terbagi menjadi 2 rasa yaitu super pedas dan sedang. Namun, sambal bawang super pedas yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

"Biasanya para pemburu oleh-oleh beli pepes bandeng super pedas tanpa duri, lengkap dengan sambal bawang super pedas. Jadi seperti pasangan yang tidak terpisahkan, " ucap Wisnu.

Nah, kalau ke Kota Surabaya, jangan lupa mampir dan beli ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya