6 Permainan Usir Bosan Anak saat Mudik dengan Mobil

Ilustrasi macet saat mudik lebaran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Mudik tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda sekeluarga, tidak terkecuali anak-anak. Tapi, karena mudik sudah menjadi tradisi tiap tahun, dan melibatkan banyak orang dari kota ke desa, seringkali menyebabkan kemacetan.

Organda Imbau Pengusaha Truk Taati Aturan Overload Muatan

Seperti kita tahu, kondisi jalanan yang macet mudah menimbulkan rasa bosan. Apalagi kalau jarak tempuh relatif jauh, anak pun rentan rewel.

Untuk menyiasati kebosanan selama perjalanan mudik, sebaiknya Anda siapkan beberapa permainan yang menyenangkan. Berikut ini 8 permainan menyenangkan yang bisa dipraktikkan di dalam mobil bersama anak.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

1. Permainan nama hewan – 6 tahun ke atas

Dimulai dengan salah seorang menyebutkan nama hewan. Orang berikutnya harus melontarkan nama hewan lain, yang huruf awalnya dimulai dengan huruf terakhir dari hewan yang disebut orang pertama. Misalnya, orang pertama menyebut "kijang", maka orang kedua bisa melanjutkan dengan "gajah".

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Mudah bukan? Nah, untuk anak yang lebih besar, nama hewan juga bisa diganti dengan nama negara atau wilayah.

2. Tebak nama - usia 4 tahun ke atas

Satu orang berpikir tentang nama hewan, makanan, atau apa pun, sesuai kesepakatan di awal permainan.

Pemain kedua kemudian bergiliran mengajukan pertanyaan, seperti "Bisakah dia terbang?" atau "Apakah tumbuh di tanah?" Orang pertama hanya menjawab ‘ya’ dan ‘tidak’ atau ‘bisa jadi’.

Batasi pertanyaan sebanyak 10 atau 15, kemudian baru pemain kedua mendapat kesempatan menebak.

3. Pesan berantai - usia 4 tahun ke atas

Buat satu kalimat yang mengandung cerita. Jumlah kata bebas, disesuaikan dengan persetujuan para pemain.

Pilih satu orang sebagai yang pertama. Orang pertama kemudian membisikkan kalimat itu pada orang sebelahnya, begitu seterusnya sampai orang terakhir.

Orang terakhir menyuarakan kalimat yang ia dengar dengan keras. Biasanya akan ada kata yang hilang atau melenceng dari makna kalimat pertama, tapi justru di sinilah yang memancing gelak tawa.

4. Tebak lagu tema - usia 5 tahun ke atas

Satu orang menyanyikan lagu acara tivi, dan semua orang mencoba menebaknya secepat mungkin. Orang pertama yang menebak dengan benar menyanyikan lagu berikutnya. Buat kesepakatan, apakah jawaban yang disebutkan berupa judul lagu atau nama penyanyi.

5. Tes memori - usia 6 tahun ke atas

Orang pertama mengatakan huruf A adalah untuk 'apel'. Orang kedua harus melanjutkan alfabet, yaitu B, berarti dia harus menyebutkan B mengacu pada apa? Misalnya 'buku'. Selanjutnya orang ketiga, mendapat C, dia harus bisa menyebutkan C untuk benda apa? Begitu seterusnya hingga Z. Permainan ini dapat melatih daya ingat.

6. Temukan tempat rahasia - 7 tahun ke atas

Permainan ini membutuhkan gambar peta. Cara bermainnya, satu orang menyebut nama lokasi. Orang lain bertugas menemukan lokasi yang disebut orang pertama, waktu yang disediakan 60 detik untuk masing-masing pertanyaan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya