Tips Menyapih Anak agar Tak Ketagihan Menyusu Lagi

Ilustrasi ibu menyusui
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menurut World Health Organization (WHO), waktu untuk mulai menyapih bisa dimulai pada usia 2 tahun. Namun, tak ada batasan pasti untuk para ibu menghentikan pemberian ASI secara langsung kepada buah hatinya.

Agar ASI Perah Melimpah, Begini Tips Pumping yang Benar

"Tidak ada batasan tertentu untuk benar-benar memutuskan pemberian ASI dari payudara langsung di usia 2 tahun, tapi di usia itu sudah bisa mulai sounding ke anak. Apalagi, memang produksi ASI sudah mulai berkurang di usia anak mencapai dua tahun," ujar dokter spesialis anak sekaligus Ketua Satgas ASI Indonesia, dr. Elizabeth Yohmi Sp.A., dalam Temu Media Mothercare di Jakarta beberapa waktu lalu.

Anak di usia setelah dua tahun, sangat membutuhkan makanan lain sebagai asupan nutrisi, khususnya vitamin A untuk mata dan vitamin C untuk imunitasnya. Untuk itu, anak harus diberikan makanan pendamping ASI dan perlahan disapih. Proses menyapih ini sebelumnya juga harus dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak, yaitu ibu dan anak.

Betrand Peto Minum ASI Perah Sarwendah jadi Kontroversi, Ini Kata Ahli

"Menyapih itu harus dari persetujuan kedua belah pihak. Ada yang sudah waktunya menyapih tapi ternyata ibunya belum siap dan rela. Kalau psikisnya masih berat, tentunya untuk melepas pemberian ASI langsung dari payudara akan sulit," kata dia.

Tak hanya itu, sebelum benar-benar berhenti menyusui, ibu harus memberi pengertian pada anak, seperti bernegosiasi agar anak juga mau melepaskan kebiasaannya.

Minum ASI Sarwendah, Betrand Peto: Manis Bun

"Melepas pemberian langsung ASI dari payudara ibu secara langsung itu seakan-akan hak anak dijambret. Makanya, anak saat sudah dua tahun, beri pengertian seperti minum sudah harus pakai gelas. Negosiasi dengan ASI hanya boleh saat di rumah saja atau saat malam hari di kamar saja," kata Elizabeth. (mus)

Ilustrasi menyusui.

7 Cara Menyapih Anak, yang Penting Sabar dan Penuh Kasih Sayang

Cara menyapih anak umumnya menjadi fase membuat para ibu menyusui karena sebagian dari mereka tak tega menyapih anaknya.

img_title
VIVA.co.id
31 Agustus 2022