Tips Ibu Bekerja Bebas Stres, Tugas Rumah dan Kantor Seimbang

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Bagi ibu bekerja bisa menyesuaikan antara tanggung jawab di kantor dan rumah membutuhkan usaha yang tidak mudah. Tak jarang, stres pekerjaan di kantor bisa terbawa sampai ke rumah hingga memengaruhi ibu saat mengurus anak.

Seorang Ibu Rumah Tangga Otak Pelaku Pembegalan di Sumut Ditangkap

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, agar ibu bisa tetap menjalankan kedua tanggung jawab dengan ideal, pertama adalah melakukan proses internal atau ke dalam dirinya dulu.

"Para mom yang bekerja harus mantap mengetahui kenapa saya harus kerja, kenapa memilih pekerjaan ini, semua harus dijawab dengan mantap oleh dirinya sendiri," ujar Vera saat ditemui VIVA di Jakarta beberapa waktu lalu.

Niat Mencuri, Pelajar di Merauke Malah Perkosa Ibu Rumah Tangga

Begitupun ketika anak bertanya kenapa ibu harus pergi ke kantor, ibu harus bisa menjawab tanpa adanya perasaan bersalah sehingga memberatkan aktivitasnya. Rasa capek karena bekerja ini pula yang menandakan adanya perasaan belum ikhlas menjalani pekerjaan.

"Koordinasikan juga dengan pasangan agar ada pembagian tugas masing-masing dan menyampaikan harapannya masing-masing," lanjut Vera.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Misalnya, ibu dan ayah punya kesepakatan untuk tidak mengambil pekerjaan di saat libur atau akhir pekan. Atau, ketika ibu berangkat kerja, ayah yang bertugas mengantar anak ke sekolah.

Selain itu, tantangan para ibu bekerja adalah pengaturan waktu. Karenanya, ibu juga harus memiliki skill manajemen waktu yang bagus. Jika harus berangkat ke kantor pagi, hindari aktivitas yang membuat repot. Sebisa mungkin pada malam harinya sudah disiapkan sehingga pada pagi hari, semua bisa disediakan dalam waktu singkat.

Ketika pulang kerja, biasanya ibu akan dibuat tambah stres dengan kondisi rumah yang berantakan dan anak-anak yang rewel. Untuk hal ini, Vera menyarankan agar ibu tidak menyalahkan kondisi rumah atau anak-anak yang rewel.

"Ibu harus tahu kalau anak-anak sudah menunggu seharian ibunya pulang. Jadi, yang bisa dilakukan adalah sebelum pulang ke rumah kasih waktu untuk diri sendiri me-refresh diri," kata Vera menyarankan.

Misalnya, mampir sejenak membeli minuman favorit sehingga pikiran bisa lebih segar. Beri waktu untuk 'switch' dari ibu yang sedang bekerja di kantor menjadi ibu yang akan menjadi ibu dari anak-anak. Begitu sampai di rumah, ibu pun siap mengahadapi segala hal yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya