Penyanyi Ini Alami Baby Blues karena Kerap Ditanya soal ASI Tak Lancar

Mytha Lestari dan keluarga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Baru saja melahirkan putra pertama, penyanyi Mytha Lestari akui sempat mengalami baby blues. Barry, sang suami menjelaskan, bahwa baby blues yang dialami istri akibat banyaknya pertanyaan terkait Air Susu Ibu (ASI) Mytha yang kurang lancar di awal kelahiran.

Tak Takut Alami Baby Blues, Dinda Hauw: Yang penting Ikhlas

"Karena air susu enggak keluar di tiga hari pertama, tapi katanya normal, pada saat itu orang nanya, 'Baby-nya udah minum belum. Baby-nya kan nangis terus.' Itu rasanya hampir nangis," kata Mytha saat ditemui di RS. Brawijaya Jakarta Selatan, Minggu, 5 Agustus 2018.

Saat mengalami hal tersebut, Mytha yang merasa sedih, bahkan hingga menarik rambutnya, tidak tahu bagaimana agar ASI-nya keluar.

8 Penyanyi Wanita Bakal Gelar Konser di Hari Perempuan Sedunia

"Drama banget, tapi bingung gimana caranya sampai akhirnya saya melakukan breast pump payudara. Bolak balik sampai bengkak," kata dia.

Melihat kondisi sang istri tersebut, Barry pun akhirnya memberi dukungan dengan memberi penjelasan mengenai kondisi yang dialami sang istri. Dia menjelaskan kondisi yang dialami sang istri adalah normal, lantaran pada proses kelahiran C-Section ASI tidak langsung keluar berbeda atau jeda selang kurun waktu dua hingga tiga hari. Berbeda halnya jika sang istri melahirkan dalam keadaan normal.

Setelah Proses Persalinan Para Ibu Harus Perhatikan Hal Ini

"Ada pertanyaan seputar pemberian ASI yang sedikit memojokkan. Sedangkan dokter dan bidan supportif, mereka bilang, 'It's okay keluar di hari kelima karena caesar.' Jadi kelenjar tidak ter-push seperti melahirkan dalam keadaan normal," jelas Barry.

Mytha pun mengutarakan saat ini kondisi ASI untuk si jagoan pun sudah lancar.

"Alhamdulillah pertama kalinya itu keluar dua hari lalu malam baru setitik dan baru tadi pagi keluarnya lancar. Aku juga baru tau kalau bayi umur dua hingga tiga hari itu belum begitu banyak minum ASI karena mereka punya cadangan makanan selama tiga hari dari plasenta yang dibawanya," kata Mytha. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya