4 Hal yang Bisa Memicu Kanker Pada Anak

Peduli Kanker Anak
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA – Indonesia termasuk negara dengan kasus kanker tinggi yang diderita anak-anak. Setiap tahun, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sekitar 4.100 kasus kanker baru dengan penderita anak-anak Indonesia.

Sering Konsumsi Makanan Gosong Dapat Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya

Tingginya angka kasus kanker anak ini disinyalir akibat belum diketahui penyebab utamanya. Meski begitu, beberapa faktor yang rentan memicu kanker pada anak, bisa menjadi upaya pencegahan maupun deteksi dini.

Spesialis anak RS Kanker Dharmais, dr. Edi Setiawan, Sp.A(K), MHA, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu 17 Oktober 2018 mengungkap empat hal yang rentan memicu kanker pada anak:

6 Tempat Berbahaya yang Bisa Picu Kanker, Ada di Rumah

1. Genetik

Pada kasus kanker bola mata, terbukti memang terjadi karena faktor keturunan. Apabila dalam satu keluarga terdapat penderita kanker bola mata, salah satu keturunannya berpotensi besar akan mengidap hal yang sama.

Anak Idap Kanker, Bagaimana Sikap Tepat Orang Tua?

2. Kimia

Bahan-bahan kimia tertentu cenderung bersifat karsinogenik dan bisa memicu sel kanker pada semua orang, termasuk anak. Hal ini diperparah dengan banyaknya bahan kimia yang terpapar pada makanan yang mudah dijangkau anak seperti boraks pada bakso atau formalin pada ikan.

3. Virus

Jenis virus hepatitis B, ujar dokter Edi, terbukti dapat berpotensi menyebabkan kanker hati apabila diidap pada 1 tahun pertama kehidupan anak. Maka, pentingnya memberi imunisasi hepatitis B pada anak sejak lahir yaitu untuk mencegah potensi kanker tersebut.

Sama halnya seperti virus human papiloma atau HPV yang terbukti bisa sebabkan kanker leher rahim. Untuk itu, vaksin HPV disarankan diberi pada anak perempuan sejak usia 10 tahun.

4. Radiasi

Paparan radiasi bisa menimbulkan sel-sel kanker pada tubuh. Salah satunya yaitu paparan sinar matahari yang bisa mengintai sel-sel normal di kulit menjadi kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya