Tips Pilih Produk Pereda Gatal untuk Anak

Bedak bayi.
Sumber :
  • http://cantiksehatgue.blogspot.co.id/

VIVA – Berkebun dan bermain di alam terbuka sangat menyenangkan bagi anak-anak, selain melatih motoriknya, bercengkerama dengan alam dapat mengasah pengetahuan dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

4 Tanda COVID-19 Ini Ditemukan di Kulit

Namun bermain di kebun atau ruang terbuka hijau ternyata rentan akan gigitan serangga, sehingga banyak orangtua yang khawatir akan pemicu alergi.

Padahal, tidak sedikit yang salah membedakan gatal akibat alergi atau hanya sebatas gigitan serangga. 

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Pujianto, Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma mengatakan bahwa gatal bisa dipicu oleh banyak hal, meskipun begitu gejalanya hampir mirip satu sama lain, misalnya ruam dan merah-merah. Selain itu ia juga mengatakan bahwa gatal juga bisa dipicu biang keringat yang muncul ketika anak melakukan aktivitas, gejalanya bahkan hampir mirip dengan infeksi kulit.

"Orangtua tidak perlu takut anaknya gatal-gatal karena biang yang disebabkan oleh biang keringat karena gangguan kulit lainnya karena itu bukan infeksi," ungkapnya di sela-sela acara Salicyl Fresh, Minggu 25 November 2018.

6 Alasan Mengapa Payudara Sering Gatal

Untuk mengatasinya, Pujianto memberikan tips memilih produk kesehatan yang efektif melindungi anak saat aktivitas di ruang terbuka hijau.

"Pastikan produk kesehatan tersebut memiliki komposisi talcum, asam salisilat, sulfur, mentol dan balsam," ujarnya.

Diketahui, beberapa komposisi tersebut mampu meredakan gatal anak, di lain sisi bahan mentol dan balsam memberi efek menyejukkan di kulit anak.

"Produk dengan kandungan tersebut banyak yang dijual bebas dan aman meredakan gatal sekaligus melindungi anak saat main di lingkungan alam terbuka."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya