Mendongeng, Cara Cegah Anak Kecanduan Gadget

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Berbagai program di dalam gadget, seringkali membuat anak-anak ketagihan untuk memainkannya. Terlebih, tontonan di YouTube cenderung membuat anak menjadi lebih konsumtif terhadap gadget.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua di zaman milenial. Sebab, orangtua harus mampu bersaing dengan gadget dalam memberikan perhatian yang cukup pada si kecil.

Salah satu cara memberikan perhatian pada anak yaitu dengan mendongeng. Namun, tentu saja mendongeng bukan hal yang mudah dilakukan.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

"Orangtua bisa berlomba dengan YouTube. Kuncinya ada dua, yaitu kreatif dan sabar," ucap Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi, dalam siaran pers NIVEA #SentuhanIbu yang diterima VIVA, Kamis, 29 November 2018.

Ilustrasi anak belajar.

Kecanduan Gadget Adalah Gangguan Mental Serius, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Kak Seto, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa untuk menjadi orangtua kreatif, dimulai dengan mendongeng secara baik. Berikan sentuhan berupa belaian dan pelukan saat memberikan dongeng pada anak.

Selain itu, orangtua juga bisa mengajak anak untuk menonton drama musikal agar si kecil memahami keseruannya secara langsung. Dari situ, anak bisa lebih mudah mengidentifikasikan karakter dari tokoh-tokoh yang ia lihat secara langsung.

"Manfaat memberi dongeng secara langsung dari ibu, maupun dongeng musikal, keduanya bisa menjadi cara menarik menanamkan karakter positif pada anak. Sehingga anak bisa menjadi lebih percaya diri dan berani serta kreatif dengan memiliki sosok yang ia lihat tersebut,” kata Seto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya