Cara Uya Kuya Mendidik Anak Bersikap Mandiri

Uya Kuya.
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

VIVA – Siapa yang tak bangga punya anak mandiri, begitu juga Uya Kuya. Baru saja merayakan hari ulang tahun putri sulungnya, Cinta Kuya, presenter salah satu program tv ini mengaku bangga. 

Denise Chariesta Ngamuk Dikirimi Bunga Duka Cita oleh Uya Kuya

Pasalnya, di usia 16 tahun, Cinta sudah menunjukkan sikap mandiri. Meskipun berlimpah kasih sayang dan dicukupi semua kebutuhannya, Uya menceritakan bahwa putrinya tetap berusaha sepenuh hati mendapatkan keinginannya.

Uya mengisahkan untuk menonton sebuah konser, Cinta mampu mengumpulkan uang sendiri demi melihat idola favoritnya.

Berselisih, Denise Chariesta Ajak Uya Kuya Adu Gila

"Dia orangnya mandiri enggak mau nyusahin bapaknya kalau mau nonton konser pasti transfer ke saya. Dia beli tiket sendiri cuma minta tolong saya buat transfer ke penjual tiket," kata Uya di kawasan Mampang, 12 Februari 2019.

Bersyukur jika sang anak memiliki sifat mandiri untuk menabung serta berhemat, Uya mengaku tidak pernah mengajarkan hal itu sebelumnya. Menurut suami Astrid Kuya ini, ia hanya mengajarkan pada anak-anaknya untuk terbiasa berusaha sendiri mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Luna Maya Pernah Pacaran Hanya Sehari

"Ya alhamdulillah Cinta nabung sangat berhemat kadang recehan aja dia tabung di kamarnya, ada recehan sampai berapa box itu. Berapa bulan sekali dia tukerin ke bank," ujarnya.

Uya juga mengajarkan pada Cinta bahwa untuk mendapatkan barang tidaklah mudah semua ada prosesnya. "Saya mendidik anak tidak dibelikan barang bareng. Nino dibeliin tapi Cinta enggak dibeliin kenapa? Buat ngelatih saat dia dewasa tidak punya rasa iri dengan sesama," lanjut Uya.

Belum merasa sukses dalam mendidik kedua anaknya, Uya menuturkan jika kebiasaan mandiri untuk mendapatkan sesuatu itu sudah ia dapatkan dari orang tuanya sejak ia kecil.

"Itu didikan orangtua gue yang gue turunin ke anak-anak. Karena gue anggap orangtua gue berhasil mendidik gue seperti ini, jadi diterapkan ke anak-anak," ungkapnya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya