3 Tips Mendongeng yang Baik untuk Buah Hati

Ilustrasi mendongeng untuk anak.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA – Zaman sekarang, kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan oleh para orangtua. Meski mereka mengetahui manfaat yang didapat dari mendongeng, namun mereka enggan melakukannya dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak memiliki waktu, hingga merasa tidak bisa melakukannya.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Tapi, ada juga yang sebenarnya ingin mendongeng untuk anak, namun sang tidak tahu harus memulainya dari mana. Ia merasa tidak memiliki pengetahuan cukup dan banyak pemikiran lain, hingga akhirnya tidak memulai-mulai niat untuk mendongengkan anak.

Ditemui dalam acara Kelas Dongeng Nivea #SentuhanIbu2019, pada Jumat 1 November 2019, Mochamad Ariyo Faridh Zidni, Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, memberikan beberapa tips cara mendongeng yang baik untuk anak. Berikut di antaranya.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Jangan memasukkan banyak pesan moral

Saat hendak mendongengkan anak, baiknya ibu tidak terlalu banyak memasukkan pesan moral. Jangan membuat anak terlalu banyak berpikir. Bebaskan terlebih dahulu, biarkan anak bermain dengan sesuatu yang terbuka dan tidak ada batasan.

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

Pilih cerita yang orangtua suka

Dengan memilih cerita yang orangtua sukai dan dianggap bagus, biasanya anak akan suka juga dengan cerita yang dipilihkan orangtua.

Lakukan

Jangan ragu untuk memulai mendongengkan anak. Tidak perlu banyak berpikir dan membandingkan diri dengan  pendongeng lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya