Mengenal Manfaat Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus

yoga untuk anak-anak
Sumber :

VIVA – Memiliki anak berkebutuhan khusus tentu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Tentunya butuh banyak hal tambahan yang mesti diperhatikan bagi anak berkebutuhan khusus, termasuk dengan tumbuh kembangnya.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Banyak dari orangtua kemudian memilih menyekolahkan anaknya di sekolah berkebutuhan khusus. Bahkan beberapa tahun belakangan, banyak sekolah berkebutuhan khusus yang menerapkan terapi yoga untuk metode pembelajarannya.

Tapi apa sebenarnya manfaat yoga bagi tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus sendiri?

Peran Penting Pakaian Olahraga dalam Mendukung Performa dan Kenyamanan

"Jadi yang mesti dipahami dahulu bahwa untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus itu, pendekatannya holistik. Jadi kalau holistik dipikirkan sampai ke innernya di dalam yoga ada latihan pernafasan meditasi ringan yang membantu masalah di dalam tubuhnya," ungkap Instruktur Yoga, Elsa Savira Pangribuan, saat soft opening MS School dan MS Wellbeing, di Kawasan Tebet Jakarta Selatan, Senin, 25 November 2019.

Elsa menjelaskan, dengan melatih pernafasan melalui yoga hal ini akan membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk lebih fokus. Selain itu, yoga juga bermanfaat bagi anak-anak yang memiliki gangguan masalah sensorik dan juga masalah bicara.

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju Terjadi, Warga Ributkan Hal Ini

"Jadi yoga ini juga membantu terutama untuk fokus di terapi lain, seperti sensory integration, yoga juga membantu untuk yang punya masalah gangguan berbicara. Lewat yoga dia akan membantu agar bicaranya  lebih keluar," ungkap Elsa.

Secara umum, pendekatan yoga untuk anak berkebutuhan khusus sendiri lebih disarankan bagi anak-anak yang sudah memiliki kecenderungan untuk melakukan self harm atau melukai diri sendiri.

Namun, pendekatan yoga juga bisa diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya seperti, Ketidakmampuan Belajar, Down Syndrome, Cerebral Palsy, Autisme, Keterlambatan Perkembangan Pervasif, Gangguan Defisit Perhatian, dan Integrasi Sensorik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya