Menyedihkan, Masih Ada Ibu yang Beri Susu Kental Manis pada Batita
Selasa, 3 Desember 2019 | 06:56 WIB

Menyedihkan, Masih Ada Ibu yang Beri Susu Kental Manis pada Batita

Susu kental manis bisa sebabkan gizi buruk pada anak
Susu kental manis (SKM).
Photo :
  • Pinterest/Kelli Foster

Susu kental manis (SKM).

VIVA – Penggunaan susu kental manis untuk bayi belakangan jadi kontroversi. Banyak yang beranggapan,susu kental manis bukanlah produk hewani bergizi tinggi. Apa sebabnya?

Dalam proses pembuatannya, susu kental manis dibuat dengan menguapkan sebagian air dari susu segar (hingga 50 persen) dan kemudian ditambahkan dengan gula sebanyak 45 – 50 persen. Karenanya, susu kental manis bukan lagi termasuk kategori minuman bergizi.

Seperti dikutip dari rilis, penjelasan tentang susu kental manis tersebut disampaikan oleh Yayan dari perwakilan Balai POM Jakarta saat menghadiri hasil penelitian tentang Kebiasaan Konsumsi Susu Kental Manis dan Dampaknya terhadap Gizi Buruk Anak, pada Selasa, 26 November 2019 lalu. Penelitian bersama Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) bersama PP Aisyiyah dilakukan di 3 propinsi dengan prevalensi stunting tinggi di Indonesia, yaitu Aceh, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Utara pada periode Agustus – Oktober 2019.

“Kami menyampaikan terimakasih atas penelitian YAICI bersama PP Aisyiyah yang menemukan bahwa susu kental manis juga telah menyebabkan gizi buruk dan kurang baik terhadap anak-anak berusia 3 dan 5 tahun. Hasil penelitian ini akan menjadi masukan dan kajian bagi kami dalam membuat peraturan terkait SKM ke depan,” ujar Wulan.