Susah Jalani Persalinan Normal di Masa Pandemi, Bener Gak Sih?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Masa pandemi virus corona atau COVID-19, yang masih berlangsung hingga sekarang dan belum diketahui kapan akan berakhir, membuat semua orang ketakutan dan was-was dalam melakukan segala aktivitas. 

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Apalagi bagi wanita hamil dan harus menghadapi persalinan di masa pandemi ini. Banyak ketakutan hingga mitos yang berkembang, mengingat ibu hamil harus berhati-hati menjaga kandungannya agar terhindar dari COVID-19. 

Salah satu kabar yang santer terdengar dan banyak yang mempertanyakan yaitu seputar persalinan di 'musim' virus ini. Banyak orang yang mengatakan, pihak rumah sakit banyak yang menolak pasien yang ingin melahirkan secara normal, sehingga ibu hamil sulit menjalani persalinan dengan cara tersebut. 

5 Golongan yang Wajib Membayar Fidyah, Muslim Wajib Tahu

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Eric Kasmara, Sp.OG, menjawab keragu-raguan ini. Menurutnya, persalinan normal akan tetap dilakukan meski sedang masa pandemi. 

"Sekarang ada mitos di masyarakat bahwa RS gak mau melakukan persalinan normal, itu tidak benar. Sejak awal pandemi, kita tetap menjalani persalinan normal," ujarnya saat Live Webinar bersama RS Pondok Indah Group, melalui aplikasi rapat online, Kamis 18 Juni 2020. 

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan, Ibu Hamil Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Kuyang

Lebih lanjut dokter Eric menjelaskan, ada perbedaan antara menjalani persalinan normal dengan operasi normal. Namun, prosedur operasi juga tetap dilaksanakan. 

"Kalau operasi dengan adanya indikasi, kita akan lakukan juga seperti biasa. Jadi, tidak ada perbedaan signifikan, bedanya cuma ada screening COVID-19 aja," katanya.

Ilustrasi ibu hamil

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Belum lama ini beredar kisah pilu dialami oleh seorang wanita yang tiba-tiba janinnya menghilang saat hamil empat bulan. Cerita yang dibagikan akun TikTok dan trending

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024