Siasati Pandemi, 3 Trik Si Kecil Betah Belajar di Rumah

Ilustrasi anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/rbalouria

VIVA – Pandemi COVID-19 mengharuskan siswa sekolah dari rumah melalui pembelajaran virtual. Kondisi ini ternyata memicu kebingungan bagi para orangtua lantaran tak pernah rutin mengajarkan anak di rumah dan malah membuat si kecil bosan.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Rasa bosan biasanya hadir ketika anak mulai kehilangan interaksi dengan orang di sekitarnya. Selain itu, minimnya aktivitas di rumah membuat si kecil merasa kesepian dan tak bisa bergerak aktif.

Maka dari itu, Bunda perlu menerapkan beberapa hal di rumah agar si kecil betah dan merasa nyaman. Berikut 3 trik bikin si kecil betah di rumah.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Interaksi hangat
Padahal, proses bertumbuh dan berkembang bagi si kecil, termasuk juga proses belajar, sangat tergantung pada kehangatan interaksi si kecil bersama orangtuanya.

"Walaupun mungkin Bunda bukan seorang guru di sekolah, penting sekali bagi bunda agar bisa menjadi guru buat si kecil di rumah. Kembalikan konsep orangtua sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., dalam siaran pers SGM Eksplor, Senin 27 Juli 2020.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Baca juga: Ternyata, Klub Favorit Ahmad Dhani Bukan Persebaya Surabaya

Kombinasi bermain dan belajar
Agar si kecil tetap bisa bergembira belajar di rumah, Bunda harus bisa kreatif dalam mengajari si Kecil. Salah satunya dengan mengombinasikan belajar dengan bermain atau bisa disebut bermain bersama Bunda.

"Kegiatan yang dilakukan bukan sekadar sesuatu yang spontan, namun direncanakan dengan target belajar tertentu. Target misalnya ingin meningkatkan 5 potensi prestasi si kecil, yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri dan percaya diri," jelasnya.

Pasang target
Supaya tercapai tujuannya, Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai pilihan si Kecil sehingga menyenangkan, menyesuaikan waktu berkegiatan dengan rutinitas si Kecil untuk membuat jadwal. Serta konsisten mengulangi kegiatan sampai target belajar tercapai, dan tentunya tetap melakukan lebih banyak gerakan. 

"Jadi, walaupun direncanakan namun  tetap dilakukan dengan asyik dan seru sehingga tetap menyenangkan. Program seperti Bersatu dan Kuat Festival ini sangat menarik karena dapat mengingatkan para orangtua tentang perannya sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil," tambah Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina. (day)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya