Ajak Si Kecil Bermain di Rumah, Ini 4 Trik Asah Imajinasinya

Ilustrasi anak
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penularan COVID-19 masih meluas di berbagai wilayah di Tanah Air sehingga kelompok anak masih dianjurkan beraktivitas di dalam rumah. Namun, tak sedikit anak-anak dan orangtua yang mengeluh jenuh lantaran kebingungan untuk mencari hal baru di rumah.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Kondisi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama hampir 6 bulan ini menyebabkan orangtua mulai harus kreatif mencari alternatif cara belajar anak dengan metode lain.

Nah, mengembangkan kreativitas anak sebenarnya bisa dengan cara sederhana meski tetap butuh sedikit tenaga ekstra. Apa saja cara mengeksplor kreativitas si kecil? Berikut rangkumannya.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Ikuti arahan anak

Bermainlah dengan anak Anda, tetapi fokus untuk mengikuti arahan mereka. Baik Anda berpura-pura mengejar naga atau terbang ke bulan dalam kotak karton, tahan godaan untuk menyela atau memandu permainan, dan biarkan diri Anda menjadi pion dalam dunia kreatif mereka.

UNICEF Desak Aksi Global untuk Melindungi Anak-Anak dari Senjata Peledak Mematikan

"Jenis interaksi ini mengirim pesan bahwa Anda mendukung dan memprioritaskan ruang kreatif mereka," kata Dr. Wegner, dikutip dari laman Parenting.

Gunakan barang yang ada

Dorong bermain dengan mainan terbuka, alias mainan yang dapat digunakan dengan berbagai cara tergantung suasana hati dan imajinasi anak Anda: misalnya, balok, ubin magnet, pasir, rumah boneka, pakaian berdandan, mobil kotak korek api, boneka binatang, dan mainkan adonan.

Sejalan dengan itu, Mola TV kembali menggelar program Mola TV Family Challenge dan mengajak keluarga Indonesia untuk berkreasi bersama Mola Kids di rumah melalui kompetisi #MolaTVArtNinja berhadiah uang tunai 50 juta Rupiah.

Di tantangan kali ini, peserta diminta untuk menonton dan mengikuti percobaan di salah satu episode program Art Ninja dari Mola Kids yang dirasa paling menarik. Kompetisi #MolaTVArtNinja ini sudah dimulai sejak 1 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 10 Agustus 2020 mendatang.

"Mengacu pada misi kami untuk memberikan inspirasi dan melahirkan aspirasi kepada putra putri Indonesia, program Art Ninja di Mola TV adalah sebuah program yang mendorong anak-anak untuk berkreasi menggunakan barang-barang di rumah, sehingga memupuk jiwa seni dan kemampuan mereka berkarya," ujar perwakilan Mola TV,  Mirwan Suwarso.

Ajak anak berimajinasi

Minta anak Anda membayangkan bagaimana rasanya memiliki kekuatan super. Ajak si kecil mengenal berbagai kekuatan super yang sebenarnya ada dalam keseharian seperti saling berbagi dan mengucapkan syukur.

Pakai baju lama

Mintalah anak Anda memilih pakaian untuk hari itu dengan barang-barang yang belum pernah dia kenakan bersama sebelumnya. Ambil foto anak Anda yang mengenakan pakaian "baru".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya