Tips Sajikan Menu Sehat Bergizi untuk Si Kecil

Menusarapan sehat
Sumber :
  • Pixabay/maroonedonisland

VIVA.co.id – Sarapan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Tak Asal Kenyang, Ini 4 Kunci Sarapan Sehat untuk Anak

Untuk menunjang aktivitasnya, si kecil wajib mengonsumsi sarapan yang berkualitas dengan beberapa komponen penting. Tak hanya sekedar bergizi, ibu juga harus punya trik bagaimana menyajikan sarapan sehat dengan tampilan menu yang menggoda.

"Harus ada serat dan zat gizi. Mineral harus mencukupi sesuai rekomendasi. Zat gizi seperti Ca, Fe, B6, dan B2. Dengan asupan makanan berkualitas, prestasinya di sekolah menjadi lebih baik," ujar ahli gizi, Ece Durukan, di Modena, Kuningan, Jakarta, Selasa 21 Maret 2017.

Sarapan Ala India yang Bikin Berat Badan Turun dalam Sebulan

Menurut sebuah studi, skor matematika si kecil di sekolah, dengan konsumsi sarapan berkualitas, akan lebih baik sebesar 17 persen dibanding anak yang sarapannya tidak bergizi tinggi. "Sarapan bergizi membuat anak memiliki performa 4,5 kali lebih baik di sekolah," lanjutnya.

Komponen sarapan bergizi sendiri mencakup beberapa zat gizi untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, dan mineral, tapi usahakan dalam satu mangkuk sarapan. Sehingga, mudah dijangkau anak.

5 Rahasia Sarapan Sehat

"Agar sederhana dan praktis, satukan semuanya dalam satu mangkuk. Pilih karbohidrat dari gandum, kemudian toppingnya buah-buahan, kacang, dan siram dengan susu," kata dia.

Susu, selain berprotein tinggi, memberi rasa yang berbeda. Sebab, tidak hanya bergizi, sarapan juga harus terasa nikmat dan lezat. Apalagi, anak-anak akan sangat sulit konsumsi sarapan yang tidak terasa lezat.

"Dengan adanya tambahan buah dan susu, gandum di dalam semangkuk sarapan tidak lagi terasa hambar, tanpa asupan gula atau pemanis tambahan. Jadi, penting juga bagi ibu untuk memberi sarapan yang lezat," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya