Sehatkah Sistem Pencernaan Si Kecil? Ketahui Cara Deteksinya

Perut "keroncongan" terjadi karena perut yang biasanya terisi menjadi tidak berisi.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Selain memenuhi nutrisi untuk menjaga kesehatan si buah hati, yang tak kalah penting diperhatikan adalah sistem pencernaan si kecil.

7 Manfaat dan Nutrisi Labu Siam, Serta Cara Memasaknya Agar Tetap Sehat

Tidak hanya sekedar jauh dari penyakit, namun sistem pencernaan harus berfungsi secara baik. Namun bagaimana cara mengetahui apakah sistem pencernaan si kecil berfungsi secara baik?

Ahli gizi medik, DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc mengatakan bahwa sistem pencernaan yang sehat, memiliki empat tanda utama.

5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Lindungi Jantung

"Ada empat ciri saluran cerna yang sehat. Satu, ketika penyerapan zat gizi dari makanan pada anak terserap sempurna. Makanan yang dikonsumsi anak akan diolah mulai dari mulut hingga usus," ujarnya ditemui, dalam acara Nestle Lactogrow Happy Wonderland di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Pada proses ini, lanjutnya, tubuh anak akan menyerap zat-zat gizinya. Sehingga, pada ciri kedua, pergerakan makanan dari mulut ke usus akan berjalan dengan baik.

6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Kanker

"Dengan begitu saluran cerna sehat bisa juga ditandai dengan proses buang air besar yang lancar, serta anak tidak mual muntah. Yang ketiga, dapat terlihat dari kekebalan tubuhnya yang juga sehat," jelasnya.

Kaitan antara pencernaan yang sehat dengan kekebalan tubuh, dipicu pada kehadiran sel-sel lendir di sepanjang saluran cerna, yang berfungsi untuk melawan kuman yang masuk dari makanan. Ketika pencernaan anak tak sehat, maka kekebalan tubuhnya tidak akan mampu melawan kuman dan anak mudah terserang penyakit.

Kemudian yang terakhir, adanya keseimbangan mikrobiota baik dan jahat. Ini berarti, keseimbangan tersebut mencegah hadirnya penyakit.

"Keempat ciri ini akan sulit dimiliki oleh seorang anak apabila asupan makanannya kurang baik dan defisit nutrisi seperti vitamin dan mineral, terutama vitamin A, vitamin D, kalsium, zat besi dan seng," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya