Sebaiknya Usia Berapa Anak Anda Sekolah?

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/Ambermb

VIVA.co.id – Saat ini banyak orangtua yang sudah mulai menyekolahkan anaknya di usia yang begitu dini. Tapi, apakah hal itu tepat dilakukan?

Studi: Anak yang Berangkat Sendiri ke Sekolah Lebih Bahagia

Kapan sebaiknya anak masuk sekolah, memang masih menjadi perdebatan hingga kini. Dan baru-baru ini, sebuah penelitian menegaskan kembali teori kapan sebaiknya anak-anak mulai masuk sekolah.

Dilansir laman Times of India, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University mengungkapkan, bahwa orangtua yang menunggu anaknya berusia 6 tahun, bukan 5 tahun, untuk masuk ke sekolah, anak tersebut akan memiliki kemampuan belajar yang lebih baik.

Hari Pertama Belajar, Orangtua Segel Sekolah di Jambi

Anak akan memiliki nilai ujian yang lebih baik dan memiliki kemampuan pengendalian diri yang lebih baik ketika mereka mencapai usia 7 dan 11 tahun.

Sejumlah psikolog melihat pengendalian diri sebagai fungsi eksekutif. Mereka bisa merasakannya pada tahun pertama mereka ketika anak mulai memiliki kemampuan ini. Anak yang memiliki fungsi eksekutif yang kuat, mampu mengatur waktu mereka dengan baik dan fokus meski banyak pengalih perhatian.

Tips Menghadapi Anak yang Takut Masuk ke Sekolah

Menurut sebuah artikel, dalam penelitian terakhir ini, investigator Thomas Dee dan Hans Henrik Sievertsen menggunakan penelitian Danish National Birth Cohort (DNBC) untuk mengumpulkan data mereka. DNBC memasukkan respons dari 54.241 orangtua terhadap pengukuran kesehatan mental saat anak mereka berusia 7 tahun dan respons dari 35.902 orangtua ketika anak mereka berusia 11 tahun. (hd)

Ilustrasi anak.

Tips Persiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Panjang

Efek libur panjang membuat anak ogah-ogahan bangun pagi dan sekolah.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2018