Pentingnya Pemeriksaan Gejala Anemia pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Anemia merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Anemia pada ibu hamil dapat berisiko fatal. Bahayanya, bisa menyebabkan keguguran, persalinan yang lama, pendarahan pasca melahirkan, bayi lahir prematur, bahkan ada kemungkinan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Ketua Umum Perkumpulan Perinatalogi Indonesia (Perinasia) Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K) menjelaskan, kondisi anemia pada ibu hamil memiliki gejala yang sama dengan anemia pada umumnya.

"Gejalanya di antaranya cepat merasa lelah, jantung berdebar-debar, pusing, dan mata berkunang-kunang," jelas Ali saat seminar kesehatan "Pemeriksaan Hemoglobin Langkah Awal Kenali Gejala Anemia" di Hotel Akmani, Jakarta, Rabu 12 April 2017.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ali melanjutkan, kadar hemoglobin yang diharapkan pada ibu hamil jumlahnya adalah di atas 11 gram per dl. Namun, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kadar hemoglobin pada ibu hamil, di antaranya kelainan darah, penyakit infeksi, pendarahan, tapi yang dominan adalah kurangnya asupan nutrisi terkait defisiensi besi dan folat.

Karenanya, Ali mengingatkan, ibu hamil yang mengalami anemia harus memperhatikan asupan gizi, terutama sebelum masa kehamilan dan menyampaikan keluhan saat hamil. Selain itu, screening anemia dan defisiensi besi penting dilakukan pada ibu hamil.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

"Ibu hamil yang memiliki kadar hemoglobin rendah berisiko mengalami abortus, perdarahan pasca persalinan, kelelahan, bahkan kematian," ujarnya.

Sedangkan untuk janin, lanjut Ali, bisa menyebabkan pertumbuhan janin yang terhambat, prematuritas, hingga kematian.

dokter Boyke

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Pasien dokter Boyke, yang masih sekolah kelas 2 SMP diketahui hamil di luar nikah. Tetapi, kasus kehamilan tersebut dialami pasien remaja dokter Boyke yang masih perawan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024