Bukan Hanya Genetik, Alasan Diabetes Menurun pada Anak

Ilustrasi diabetes/gula darah.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA.co.id – Faktor genetik merupakan salah satu alasan kuat penyebab diabetes. Namun, ruang lingkup keluarga yang tidak sehat, turut berperan besar dalam memicu diabetes.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Diabetes tipe satu memang mutlak disebabkan oleh genetik atau keturunan keluarga. Namun, pola hidup keluarga tidak sehat yang memicu terjadinya diabetes tipe dua.

"Diabetes tipe satu memang keturunan dan itu tidak bisa dicegah. Tapi, diabetes tipe dua cenderung disebabkan oleh pola hidup. Sayangnya, banyak orangtua yang tidak sadar kalau pola hidupnya yang kurang baik, akan ditiru anak," ujar Medical Dept PT Kalbe, dr Pande Wade Satrya DP, kepada VIVA.co.id di kawasan Kuningan, Jakarta.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Dituturkannya, ruang lingkup keluarga yang tidak menggunakan pola hidup sehat, membuat anak beradaptasi dengan hal itu. Padahal, dari keluarga yang menganut gaya hidup sehat, tentu dapat mencegah terjadinya diabetes tipe dua.

"Orangtua yang gemuk dan suka makan junk food, membuat anak ikut menirunya. Apalagi kalau jarang melihat orangtua olahraga, anak adaptasi dengan hal itu. Padahal gaya hidup ini bisa dicegah," kata dia.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Tubuh terlalu gemuk yakni melebihi batas Indeks Massa Tubuh sebesar 23, lanjut Pande, berisiko mengidap diabetes tipe dua. Terlebih, sudah banyak penelitian yang memaparkan kaitan olahraga dengan diabetes.

"Kegemukan dan tidak aktif berolahraga itu menyebabkan terjadinya sindrom metabolik, yang akhirnya memicu terjadinya diabetes," tuturnya. (one)

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024