Perhatikan Hal Ini saat Memilih Bra Khusus Menyusui

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Ketika masuk masa menyusui, para ibu membutuhkan pakaian dalam terutama bra khusus untuk memudahkan ibu ketika menyusui si bayi. Namun banyaknya model dan jenis bra ini terkadang justru tidak berfungsi maksimal jika memilihnya tidak pas.

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Mencari bra yang tepat saat menyusui sangat penting. Selain memudahkan ketika menyusui, bra yang tepat bisa membuat ibu nyaman menggunakannya.

Jennifer Kapasi, Direktur Komersial, Triumph International India Private Limited, dan Rosmin Kunnathothathil dari TLS (The Lingerie Store) mencantumkan beberapa tip untuk membantu memilih bra yang tepat saat menyusui. Seperti dilansir dari laman Indian Express.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Fleksibel dan ukuran yang pas

Sebaiknya cari ukuran yang pas pada bulan-bulan terakhir kehamilan sehingga Anda bisa membeli satu atau dua bra menyusui sebelum bayi lahir. Bra menyusui yang baik perlu fleksibel dan harus memungkinkan ruang ekstra.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Jangan beli yang terlalu sempit  atau menyesakkan payudara Anda bahkan saat ditutup. Agar sesuai, pilihlah layanan pengukur profesional di pusat perbelanjaan. Petugas terlatih akan memastikan bahwa cup bra yang menutupi payudara pas dan jahitan tengah tetap nyaman menempel di tulang dada

Mudah dibuka

Ketika menyusui, para ibu membutuhkan bra yang elastis dengan cup yang lembut dan bisa menampung payudaranya. Selain itu, pilih pula cup yang bisa dibuka dan ditutup dengan satu tangan saat menyusui. Pembukaan bagian cup akan memberi banyak ruang bagi bayi untuk menyusui dengan nyaman. Carilah bra dengan lebih dari dua posisi pengait sehingga Anda dapat menyesuaikan pita dengan nyaman saat bentuk tubuh Anda berubah.

Kenakan dengan cara yang benar

Begitu Anda memiliki bra yang sempurna, inilah saatnya memastikan cara memasang yang tepat. Anda harus memakai bra Anda sambil membungkuk sedikit, mengangkat payudara ke dalam cup. Memastikan semua bagian payudara tertutup saat berdiri.  

Periksa ulang ukuran payudara Anda

Terlepas dari fakta apakah Anda akan memberi ASI, bentuk dan ukuran payudara Anda pasti akan berubah pasca kehamilan. Selalu disarankan untuk mengecek ulang ukuran Anda dengan kalkulator ukuran bra yang bagus yang tersedia secara online.

Gunakan kain katun

Katun sering merupakan pilihan dari bra menyusui karena cepat mengering (penting untuk menjaga agar puting susu tetap kering saat menyusui).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya