60 Persen Kecerdasan Anak Ditentukan oleh Nutrisi

Ilustrasi anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/vikvarga

VIVA.co.id – Setiap orangtua, pasti menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Ketika mereka dewasa, mereka pun bisa meraih cita-cita yang tinggi.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Tetapi, semua itu tentu tidak didapat begitu saja, karena orangtua butuh mempersiapkan anak untuk dapat menggapai cita-citanya. Menurut dokter spesialis anak dr. Herbowo Soetomenggolo, SpA(K), persiapan perlu dilakukan, karena anak melalui proses tumbuh dan kembang.

Tumbuh, artinya anak semakin besar fisiknya, sedangkan kembang adalah adanya kemampuan-kemampuan tambahan yang dibutuhkan anak.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

"Mempersiapkan perkembangan yang baik, sehingga anak bisa menjadi cerdas dan sehat, ada faktor yang mempengaruhinya. Pertama adalah faktor internal yang biasanya sering dikatakan kalau bapak dan ibunya pintar, anaknya pasti pintar atau faktor genetik," jelas Herbowo, saat acara 'Pentingnya Serat untuk Anak' di Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat 5 Mei 2017.

Memang, Herbowo menambahkan, faktor genetik memberi peranan penting untuk tubuh kembang anak, tetapi faktor genetik hanya memberikan peranan 40 persen saja.

Moms, Beri Si Kecil 5 Nutrisi Ini untuk Jaga Imunitasnya di Musim Hujan

Sedangkan sisanya 60 persen, merupakan peran dari faktor eksternal contohnya adalah asupan nutrisi. "Nutrisi yang tidak bagus akan membuat anak sering sakit, lingkungan yang tidak bagus juga tidak baik untuk anak, sehingga faktor internal baik yang dimiliki akan percuma," tambah Herbowo. (asp)

Gisel dan Gempi.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Artis Gisella Anastasia atau yang lebih akrab dengan nama Gisel bercerita tentang kegiatannya mengurus sang buah hati tercinta, Gempi yang kini sudah berusia 8 tahun.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023