Tips Bekal Mudik Sehat untuk Si Kecil

Kendaraan pemudik saat melintas di jalan tol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Saat melakukan perjalanan mudik biasanya masalah makan menjadi tidak bisa terkontrol. Perjalanan yang panjang serta terbatasnya sumber makanan sehat membuat keluarga umumnya memilih makanan yang mudah didapat di sekitarnya.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Akibatnya, masalah nutrisi dan kesehatan makanan jadi terabaikan. Untuk menyiasatinya, spesialis gizi klinis dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menyarankan, agar ibu menyiapkan bekal yang lebih sehat untuk keluarga, terutama anak-anak.

"Caranya pilih makanan sehat dengan komposisi yang sama seperti makan biasanya, ada karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan air putih," kata Dian kepada VIVA.co.id.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Salah satu tantangan saat mudik, lanjut Dian, adalah jadwal makan yang menjadi tidak teratur. Apalagi anak-anak yang cenderung sulit makan saat di perjalanan jauh. Untuk itu, ibu juga harus menyiapkan camilan sehat untuk anak. Misalnya, sandwich, sushi gulung, pasta, atau potongan buah.

"Kurangi yang banyak gula dan goreng-goreng. Sebaiknya bukan membawa donat, ayam goreng cepat saji, mie instan. Bawa juga minuman berwarna yang sehat seperti jus atau susu, dan jangan lupa air putih," kata Dian.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Kalaupun terpaksa membeli makanan, sebaiknya pilih jenis jajanan yang menyehatkan. Dan, yang perlu diingat pula tetap menjaga stamina selama perjalanan mudik dengan menjaga asupan vitamin dan mineral. Serta istirahat yang cukup dengan memanfaatkan rest area yang banyak tersedia.

Ilustrasi mudik

Tips Mudik Nyaman Saat Membawa Balita dan Anak di Bawah Umur

Berbicara mudik, tentu ada berbagai persiapan yang perlu dilakukan terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023