Tiga Kata Ajaib Ratna Listy dalam Mendidik Anak

Ratna Listy
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Al Amin

VIVA.co.id – Sebagai penyanyi sekaligus ibu dari dua orang anak, Ratna Listy merasa sedih melihat kondisi anak-anak zaman sekarang. Menurut dia, banyak anak-anak saat ini mulai melupakan norma-norma kesopanan.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Dia pun menduga, semakin banyaknya orangtua yang sibuk bekerja, membuat anak, tidak mendapatkan pola asuh yang pola asuh yang maksimal. Ratna pun yakin, perilaku anak, seringkali meniru perilaku orangtua.

"Anak itu gimana orangtuanya. Karakter orangtuanya akan menurun ke anak. Dari situ aku belajar harus mendidik anak dengan contoh walaupun sibuk dan tidak mendampingi mereka aku harus menanamkan nilai ke anak kesopanan yang baik, karena itu bekal mereka," ungkap dia saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu 23 Juli 2017.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Ratna juga melanjutkan, bahwa dalam mengasuh anaknya, ia punya tiga kata ajaib yang sejak kecil ditanamkan ke buah hatinya. Tiga kata itu antara lain, terima kasih, minta maaf, dan tolong.

"Ada tiga kata ajaib yang aku tanamkan kepada anak, pertama terima kasih. Dia harus mengucapkan kepada orang lain. Kedua, maaf, jangan segan dan gengsi untuk meminta maaf,"kata dia.

Tepis Berhenti dari Entertainment, Ratna Listy Keluarkan Guna-Guna

Menurutnya, hal itu memang sulit, namun mesti dibiasakan sejak dini. Kemudian yang terakhir, kata dia ialah meminta tolong.

"Kalau itu harus dikasih pemahaman. Kalau dulu anak minta susu, aku bilang sama mbak (ART), 'Jangan mbak kalau dibikinin kalau enggak bilang tolong'. Menurut aku, itu menyemalatkan mereka. Aku menanamkan kepada anak tentang itu," kata dia.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024