Berapa Takaran Air Minum per Hari Bagi Anak dan Balita?

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Anak-anak di Indonesia tercatat masih kurang minum. Berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan di European Jurnal of Nutrition, mengungkapkan kenyataan bahwa 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum, di mana 30 persen yang dikonsumsi bukan air mineral.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHGW), dr. Budi Wiweko, SpOG menjelaskan anak-anak terutama anak yang aktif perlu mengonsumsi air yang lebih banyak.

Anak sendiri lebih rentan mengalami dehidrasi dibandingkan orang dewasa karena memiliki sensibilitas rasa haus yang lebih rendah serta tidak dapat mengekspresikan rasa haus dengan baik.

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

"Anak-anak yang aktif berkegiatan perlu dibiasakan minum 1,5 liter per hari atau 6 gelas dengan takaran 200 cc," ungkapnya saat ditemui di kawasan SCBD Jakarta, Senin 24 Juli 2017.

Diketahui, jumlah kebutuhan air setiap manusia berbeda berdasarkan kadar usia. Bagi anak pra sekolah usia 4-6 tahun membutuhkan 1,2 liter air mineral per hari atau setara dengan 6-7 gelas. Sedangkan untuk anak usia 7-9 tahun membutuhkan air sekitar 1,5 liter air mineral.

Geger Batu Ginjal Sebesar Jahe, Diduga Jarang Minum Air Putih

Dia menyebut, anak yang kekurangan air minum akan mengalami dampak yang tidak baik untuk tubuh.

"Dalam jangka pendek anak-anak akan kekurangan cairan atau dehidrasi ringan terlihat data air minum, nantinya akan berhubungan dengan daya konsentrasi anak. Jangka panjang bahwa status hidrasi sangat memengaruhi metabolisme dan inflamasi kronik seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih, gangguan ginjal akut, atau konstipasi ini akan terasa pada 15-20 tahun kemudian," ujarnya.

Ilustrasi air putih.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Minum air putih salah satu cara yang baik untuk mendapatkan cairan karena tidak mengandung kalori, khasiatnya tak main-main. Tapi sayang, manfaatnya sering diabaikan

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024