Merangsang Tumbuh Kembang Anak dengan Mainan Edukatif

Ilustrasi boneka Barbie
Sumber :
  • Pixabay/Alexandra

VIVA.co.id – Memberikan mainan untuk buah hati, bisa membantu meningkatkan tumbuh kembang si kecil. Bahkan saat ini, orangtua seringkali menjadikan mainan sebagai sarana edukatif untuk buah hatinya.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Seperti diketahui, lewat mainan, anak bisa dilatih mengembangkan proses stimulasinya. Terutama dalam perkembangan fisik, kognitif (kemampuan berpikir), keberanian, serta psikososial.

Ini penting sekali sebagai tahap awal mengajari pada mereka bagaimana harus cerdas dalam merespons setiap kejadian yang ada di lingkungan sekitar, baik dari apa yang didengar, dilihat, maupun dirasakan.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

Sejalan dengan masa tumbuh kembang anak, pemilihan mainan yang menyenangkan sekaligus memiliki fungsi edukatif sering menjadi pilihan para orangtua. Dikutip dari rilis Lazada, berikut lima rekomendasi mainan edukatif seru yang membantu anak bermain sambil belajar.

1. Mainan peralatan memasak

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

Dengan jenis mainan berupa peralatan memasak, si kecil dapat berimajinasi menjadi koki profesional. Selain mengembangkan imajinasi, mainan ini sekaligus bermanfaat untuk anak, belajar memahami berbagai proses dalam mengolah makanan dan belajar waspada, saat kecelakaan di dapur bisa saja terjadi. Latihan imajinasi dan kreativitas ini bisa diberikan pada anak berusia 3 tahun.

2. Meja aktivitas dengan berbagai bentuk dan stimulasi warna serta suara

Mengembangkan motorik halus untuk balita akan lebih menyenangkan dengan jenis mainan seperti ini. Lampu dan berbagai suara akan dapat membantu menenangkan bayi atau batita Anda. Tak hanya itu, dengan mainan ini, bayi belajar melatih motorik halus, serta belajar berdiri dan membungkuk dengan keseimbangan mereka. Mainan berwarna cerah dengan bentuk yang interaktif dapat membuat balita Anda merasa senang dan penasaran.

3. Skuter/otoped roda tiga untuk balita

Mainan ini dapat membantu melatih keseimbangan serta koordinasi motorik anak. Jangan lupa untuk memakai helm dan pengaman lutut serta siku pada saat awal anak Anda mencoba memainkannya.
 
4. Boneka dan perlengkapannya

Bermain imajinatif adalah cara yang baik bagi anak untuk mulai memahami dunia, dan juga membangun keterampilan komunikasi dan sosial. Melalui mainan boneka dan perlengkapannya, bermain peran akan sangat menyenangkan untuk si kecil bermain bersama Anda atau teman bermainnya.

5. Mainan berupa alat musik dengan berbagai fitur interaktif

Bagi si kecil yang suka musik dan kesenian, permainan berbentuk alat musik akan dapat membantu melatih sensorik dan motorik. Bahkan, mainan ini juga dapat membantu mengeksplorasi bakatnya dalam bermusik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya