Kualitas Sperma dan Sel Telur Buruk Penyebab Utama Keguguran

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA.co.id – Stres, kerap kali dikaitkan sebagai salah satu penyebab terjadinya keguguran pada ibu hamil. Tidak salah memang, namun faktor ini bukanlah yang utama.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Meski demikian, Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG(K) menyatakan, stres bahkan bukan termasuk dua besar penyebab keguguran.

dr. Damar menyebutkan, kualitas kromosom yang buruk adalah penyebab keguguran nomor satu. Angkanya mencapai hampir 50 persen, sedangkan peringkat dua disebabkan oleh infeksi dan penyebab lain, termasuk stres hanya 20 persen.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

"Risiko keguguran trimester pertama bisa mencapai 30 persen. Kejadiannya cukup sering dan penyebab keguguran paling banyak sebetulnya adalah kromosom, bukan stres," kata dia, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.  

Kualitas kromoson, kata dr. Damar ditentukan oleh kualitas sperma dan sel telur. Jika keduanya berkualitas buruk, sama halnya dengan kromosom. Buruk, atau tidaknya kualitas sprema dan sel telur dipengaruhi oleh asupan nutrisi calon ayah dan ibu.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

"Kenapa kromosomnya tidak bagus? Karena, kualitas sperma dan sel telur juga tidak bagus. Salah satu penyebabnya adalah asupan nutrisi yang buruk, jadi sperma dan sel telur yang dihasilkan tidak berkualitas baik," jelasnya.

Seperti diketahui, kromosom adalah pembawa unsur-unsur genetika manusia yang didapat dari sel telur dan sperma. Normalnya, setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom, namun ada pula yang menerima lebih atau kurang dari itu, sehingga dapat menyebabkan kelainan pada bayi kelak hingga keguguran. (asp)

Marcello Tahitoe

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Ello atau yang bernama asli Marcello Tahitoe baru-baru ini telah berbagi kabar gembira kepada publik. Sang istri, Cindy Maria Tahitoe, tengah mengandung anak kedua mereka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024