Berapa Gelas Idealnya Anak Minum Susu dalam Sehari?

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA.co.id – Susu menjadi salah satu komponen penting dalam pemenuhan gizi dan nutrisi anak. Susu mengandung mikronutrien yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak seperti kalsium, magnesium, selenium, vitamin B12 dan B5, serta kandungan penting lainnya.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Tapi, seberapa banyak jumlah ideal susu yang diberikan untuk mendapatkan kecukupan nutrisi anak?

Menurut dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), sebenarnya tidak ada panduan yang pasti seberapa banyak atau berapa gelas susu yang harus diminum anak.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

"Setiap negara punya rekomendasi sesuai dengan keadaan negara tersebut. Misalnya, Belanda dan Norwegia, rekomendasi minum susunya tinggi karena mereka biasa meminum susu," kata Ariani saat acara Forum Ngobras di Jakarta, Senin, 15 Agustus 2017.

Sedangkan di negara-negara Asia, lanjut Ariani, penduduknya banyak yang intoleransi laktosa sehingga minum susu empat gelas saja sudah membuat anak buang air terus-menerus.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

Hal itu, kata Ariani, disebabkan kondisi genetik orang Asia. Begitu pun dengan Amerika Serikat yang banyak intoleransi laktosa.

Jadi, di Amerika disarankan usia 2-3 tahun minum susu 2,5 gelas. Semakin besar, semakin tinggi konsumsinya, usia 9 tahun disarankan minum 3 gelas susu.

"Di Indonesia, 1-2 gelas sudah bagus. Tapi, susu yang diberikan harus susu yang benar," tutup Ariani. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya