Stimulasi Ini Bisa Rangsang Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Ilustrasi bayi tertawa
Sumber :
  • Pixabay/ tshirtevolution

VIVA.co.id – Idealnya, bayi usia enam bulan sudah mulai mengalami pertumbuhan gigi. Ada banyak hal yang bisa merangsang pertumbuhan gigi anak, salah satunya membiarkan si kecil belajar menguyah makanannya.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Menggigit dan mengunyah memiliki manfaat yang begitu luas. Salah satu manfaat terbesarnya, yaitu merangsang pertumbuhan gigi anak sejak dini.

"Kalau sering menggigit dan mengunyah, akan memicu sensor pada gusi, untuk memberi lengkung pada gigi menjadi lebih luas, sehingga gigi akan mudah tumbuh. Sensor ini, akhirnya membuat benih gigi teraktivasi untuk menembus gusi dan tumbuh ke atas," ujar dokter gigi drg. Andria Diarti, SpKGA, dalam Forum Ngobras, di Cerita Kopi, Jakarta, Senin 4 September 2017.

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Dokter spesialis gigi anak dari RS Premier Jatinegara itu melanjutkan, merangsang pertumbuhan gigi si kecil, juga harus disertai dengan nutrisi yang tepat. Andria menjelaskan, sumber kalsium sangat dibutuhkan anak dalam memperkokoh pertumbuhan giginya.

"Sumber nutrisi terbaik untuk membentuk gigi yaitu kalsium, itu harus diberikan sebelum gigi anak tumbuh. Kalsium alami dari makanan yang paling bagus yaitu susu, telur, keju, ikan, dan sayuran hijau seperti brokoli," paparnya.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Andria juga menegaskan, untuk merangsang anak mengunyah sejak dini, orangtua perlu memahami tekstur makanan yang tepat sesuai usia si kecil. Ia menyarankan, anak sebaiknya diajarkan mengunyah dengan makanan lembut terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan dengan makanan padat.

"Usia delapan bulan sudah bisa diberikan makanan padat yang dipotong kecil-kecil seperti wortel dan brokoli rebus serta pepaya. Selain itu, biskuit juga baik untuk merangsang pertumbuhan gigi, asal setelahnya dibersihkan agar giginya tidak mudah bolong," paparnya. (asp)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024