Kurang Minum Sebabkan Fungsi Otak Anak Menurun

Anak minum air
Sumber :
  • Pixabay/ Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Kurang minum air putih, khususnya bagi anak-anak, bisa berdampak pada buruknya fungsi otak. Menurut sebuah survei, rata-rata anak hanya mengonsumsi 3,5 gelas per hari. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan menurunnya fungsi sistem pada tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong Setelah Bangun Tidur

"Dari survei kami, rata-rata anak hanya konsumsi 3,5 gelas per hari, bahkan ada yang hanya dua gelas saja. Dampaknya bisa berbahaya pada kesehatan. Di mana, penelitian kami ini menghubungkan antara konsumsi air dan fungsi serta kerja otak anak," ujar Ketua Umum HIMPAUDI, Profesor Bidang Gizi, Prof. Dr. Ir. Hj. Netty Herawati, M.Si., Dalam Media Session ‘Aku Mau Air, Aku Sehat’ di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017.

Dengan menurunkan jumlah konsumsi air, tingkat konsentrasi dan daya ingat juga berpontensi ikut menurun. Netty menegaskan, perhatian anak pun akan mengalami penurunan seiring jumlah konsumsi air yang minim.

3 Manfaat Sehat Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Pagi

"Proses kerja anak menjadi menurun sehingga atensi anak menurun dan membuat ia tidak siap menangkap proses belajar. Nantinya, hasil dari pendidikan yang diinginkan tidak tercapai," ujarnya menambahkan.

Tak hanya fungsi otak, kerja organ lain di tubuh juga ikut mengalami penurunan. Bahkan, berdampak pada fungsi sistem pencernaan yang sulit mencerna dengan baik.

Waspada, Salah Pilih Air Kemasan Akibatkan Kerusakan Gigi

"Hal paling mudah dirasakan dari kurangnya air minum yaitu BAB enggak lancar. Setelah itu, bisa berdampak pada fungsi ginjal yang semakin menurun lalu ke aliran darah dan kulit." (mus) 

Ilustrasi air putih.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Minum air putih salah satu cara yang baik untuk mendapatkan cairan karena tidak mengandung kalori, khasiatnya tak main-main. Tapi sayang, manfaatnya sering diabaikan

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024