Bunda, Kenali Empat Kebutuhan Utama Si Kecil

Ibu dan anak.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Pertumbuhan si kecil tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Terlebih, ada empat hal utama yang menjadi faktor pendukung tumbuh optimal pada si kecil.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Hal yang menempati urutan paling atas yaitu nutrisi. Menurut Ahli gizi medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc.,nutrisi yang lengkap harus dikonsumsi anak di masa tumbuh kembang.

"Pilar pertama yaitu nutrisi yang lengkap dari makanan dan minuman setiap harinya. Kemudian, aktif bergerak agar merangsang keinginan makan si kecil," ujar Saptawati kepada VIVA.co.id.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

Dilanjutkannya, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan aktivitas fisik secara rutin. Berbagai penelitian membuktikan bahwa aktivitas otot dapat merangsang emosi dan kognitif anak serta merangsang selera makan.

"Aktif bergerak membuat peningkatan selera makan pada anak. Selain itu, anak harus mendapatkan jam tidur yang sesuai kebutuhan tubuhnya," jelasnya.

Moms, Beri Si Kecil 5 Nutrisi Ini untuk Jaga Imunitasnya di Musim Hujan

Anak membutuhkan waktu waktu tidur yang lebih lama dari orang dewasa yaitu sekitar 10-12 jam. Kemudian, kebutuhan anak yang terakhir yaitu meminimalisir tingkat stres pada tubuhnya.

"Mengatasi stres, baik di dalam ataupun di luar rumah. Perasaan tertekan (stres) dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan, hal ini karena terdapat komunikasi dua arah antara otak dan perut. Maka, dibutuhkan kegiatan berkualitas anak dan orangtua untuk menyalurkan kebahagiaan pada si kecil."
 

Gisel dan Gempi.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Artis Gisella Anastasia atau yang lebih akrab dengan nama Gisel bercerita tentang kegiatannya mengurus sang buah hati tercinta, Gempi yang kini sudah berusia 8 tahun.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023