Begini Cara Tepat Membuat Bubur Tim untuk Bayi

Ilustrasi bubur tim.
Sumber :
  • Pinterest

VIVA – Makanan dan minuman dengan kandungan gizi alami berperan penting bagi tumbuh kembang anak, karena dapat memberikan gizi yang dibutuhkan dan dapat diserap dengan lebih baik oleh sistem pencernaan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Seperti yang diketahui, anak bayi mulai usia 6 bulan dapat menerima asupan MPASI (makanan pendamping ASI) dengan bentuk yang lunak dan lembut. Salah satunya adalah bubur tim.

Bubur tim dibuat dari nasi, sayuran dan daging yang dihaluskan dan teksturnya sangat lunak. Namun, jika memasak bahan makanan terlalu lama, seringkali kandungan nutrisinya menghilang.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Lalu, bagaimana agar bubur tim tetap lezat sekaligus penuh gizi?

Dokter spesialis gizi klinik dr. Diana D. Suganda, Mkes, SpGK yang saat ini bertugas di RS Asih mengatakan bahwa memang benar jika memasak bahan-bahan bubur tim terlalu lama, maka nutrisi di dalamnya akan berkurang.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

“Karena hal tersebut, lebih baik dimasak saja setengah matang. Kemudian digerus sampai halus dengan ulekan," ucapnya di acara Ngobrol Bareng Sahabat di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2017.

Ia juga menjelaskan lebih baik memilih ulekan yang berbahan kayu dengan pinggiran lebih tinggi karena akan mengurangi kemungkinan bubur akan tumpah ketika dihaluskan.

"Untuk tingkatan kehalusan, lihat pada usia bayi. Jika (usia) 6-7 bulan halus sekali, (usia) 8-10 bulan bisa lebih ada tekstur. Dan berikutnya buat step-step tingkat kekasaran bubur meningkat sesuai dengan tingkatan umur sang anak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya