Pemenuhan Hak Anak di Manggarai Barat NTT Masih Rendah

Menteri Yohana Yembise
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Pemenuhan hak dasar anak, masih sering diabaikan oleh para orangtua. Berdasarkan Indeks Komposit Kesejahteraan Anak (IKKA) di Kabupaten Manggarai Barat, pemenuhan hak anak baru mencapai 54,09 atau berada pada status pencapaian rendah di peringkat 423 dari 511 Kabupaten/Kota. 

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Dalam kunjungannya ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan kondisi wilayah yang kepulauan, menjadikan urusan pemenuhan hak anak di Kab.Manggarai Barat cukup kompleks. 

Di samping itu, menurutnya, kultur sosial budaya masyarakat, membuat banyak orangtua belum peka terhadap pemenuhan hak anak. 

Kantor Staf Presiden Soroti Perlindungan Hak Anak di Sisa 8 Bulan Kerja

 "Peran pemimpin, tokoh masyarakat dan tokoh adat ini penting sebagai roda penggerak bagi perubahan persepsi masyarakat perlu di upayakan agar peduli terhadap hak-hak anak," kata Yohana, kepada VIVA di Labuan Bajo NTT. 

Sebagai langkah strategis meningkatkan pemenuhan hak anak di Kab.Manggarai Barat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melakukan Kampanye "Bersama Lindungi Anak "(BERLIAN) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

Melalui gerakan BERLIAN, pihaknya berupaya menggandeng seluruh stakeholder di Kab.Manggarai Barat agar semakin banyak masyarakat yang sadar tentang pentingnya keluarga dan masyarakat dalam melindungi anak.

"Memenuhi hak anak dan menghapus segala bentuk diskriminasi dan kekerasan pada anak, dapat membantu anak tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi optimal di masa depan sebagai penerus bangsa. Selamatkan satu anak,maka masa depan Bangsa Indonesia terselamatkan," kata dia. 

Aktris Tsania Marwa jadi Saksi dalam Sidang MK Perihal Hak Asuh Anak

Cerita Tsania Marwa Ketika Hadiah Untuk Anak-anaknya Malah Dikembalikan Mantan Suami

Tsania Marwa mengungkapkan kesedihannya ketika ia memberikan hadiah kepada anak-anaknya, namun hadiah tersebut malah dikembalikan lagi oleh mantan suaminya, Atalarik Syah

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024