Jalin Kedekatan dengan Si Kecil Melalui Dongeng

Anak membaca buku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Momen mendongeng mampu meningkatkan kedekatan orangtua dan buah hatinya. Salah satunya melalui kontak fisik yang dilakukan pada si kecil saat mendongeng.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Kedekatan fisik saat membacakan dongeng pada anak, menjadi hal yang pasti terjadi. Momen ini menjadi hal yang sering dianggap sepele, padahal memiliki makna yang besar.

"Saat berdongeng, pasti ada kedekatan fisik atau kontak fisik. Manfaat dari sentuhan itu luar biasa, karena memicu relaksasi pada diri anak," ujar Vera Itabiliana, Psikolog Anak dan Remaja, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Saat relaksasi terjadi, nilai-nilai baik di dalam dongeng tersebut bisa terserap oleh anak. Sebab, tubuh yang relaks memicu fokus anak menjadi lebih baik.

"Saat anak rileks, nilai baik dari cerita bisa diberikan pada anak dan diterima dengan baik. Misal, kisah dongeng pemberani membuat anak mengubah perilakunya menjadi lebih berani dan tidak lagi malu," paparnya.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Selain itu, melalui momen bercerita, orangtua mampu melatih cara berkomunikasi anak. Dilanjutkan Vera, cara bercerita tersebut membuat anak bisa melatih rangkaian kata lebih banyak.

"Akhirnya anak mampu berkomunikasi dengan baik karena memiliki kosa kata yang lebih banyak. Jadi, diawali dengan kedekatan fisik, lalu ajak ngobrol dan selanjutnya diberikan cerita pada anak, bisa bermanfaat banyak untuknya.” (mus)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024