Waspadai Enam Tanda Penculik Anak

Ilustrasi penculikan
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Penculikan anak bisa terjadi di mana saja, termasuk di tempat umum. Kalau kebetulan Anda, mendapati beberapa tanda ini, hati-hati karena bisa saja Anda sedang berhadapan dengan penculik.

Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Seperti yang dikutip dari laman Brightside, berikut ini tanda-tandanya:

  • Minta bantuan anak kecil
6 Tahun Hilang, Bocah Ini Ditemukan di Negara Lain

Salah satu trik yang sering dipakai penculik adalah, mereka meminta pertolongan dari anak kecil. Kalau Anda menyaksikan itu, baiknya Anda waspada.

Sebab, tidak ada orang dewasa yang meminta bantuan dari anak yang tak dikenal. Jika memang ada situasi yang memerlukan bantuan orang asing, kita akan meminta bantuan orang dewasa, bukan dari anak kecil.

Attila Syach Lapor Polisi Atas Penculikan Anaknya, Curiga Ada Campur Tangan Mantan Istri
  • Mengawasi anak-anak

Orang yang berkerumun di tempat berkumpul anak kecil seperti taman bermain, patut dicurigai. Buat dia sadari kehadiran Anda, lalu ambil foto. Aksi ini bisa membuat ciut nyali penculik, karena Anda punya rekaman wajahnya.

  • Tahu identitas anak

Melalui media sosial, seorang penculik bisa mengetahui detail terkecil anak incaran. Mulai dari nama keluarga, teman orangtua, kado yang mereka dapat, dan hal kecil lain.

Menggunakan semua informasi itu, mereka bisa berpura-pura menjadi teman orangtua anak. Mereka bisa berkata ibu si anak sakit dan harus dikunjungi sekarang juga. Kalau Anda menyaksikan hal ini, jangan acuhkan.

  • Mengajak anak ke mobil

Saat di jalan, jika Anda melihat mobil yang melambat, lalu berhenti di dekat anak, ini adalah pertanda bahaya.

Kalau si supir bertanya tentang arah, lalu mengajak anak masuk ke dalam mobil, sudah pasti ini aksi penculikan. Pengemudi pada umumnya akan bertanya arah kepada orang dewasa, bukan anak kecil.

  • Bantuan anak lain

Kadangkala penculik menggunakan anak lain untuk memancing korban. Sayangnya, anak-anak seringkali tidak menganggap anak lain, atau wanita asing baik hati sebagai orang asing.

Kalau Anda mendapati seorang anak kecil membawa anak lain menjauh, ada baiknya Anda mengejar dan bertanya apakah mereka saling mengenal dan ke mana tujuan mereka.

  • Penampilan yang beda

Hal lain yang bisa dicurigai adalah adanya perbedaan penampilan antara seorang anak dan orang dewasa yang sedang bersamanya.

Tentu saja, ini bukan pertanda pasti, tetapi kalau Anda menemukan kejanggalan lain, bisa jadi pertanda yang membawa Anda untuk menghentikan usaha penculikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya