Ada Jembatan Kaca di Atas Sungai Cisadane, Berani Coba?

Jembatan Kaca di Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Lokasi yang Instagramable kembali hadir di kawasan Tangerang. Setelah Kampung Berkelir dan ratusan taman cantik, kali ini ada Jembatan Kaca yang mengundang perhatian.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Jembatan Kaca atau disebut Jembatan Brendeng ini merupakan jembatan yang mengubungkan dua kawasan kelurahan yakni, Tangerang atau Benteng dengan Gerendeng. Jembatan ini, menjadi salah satu pilihan cocok sebagai lokasi swafoto para wisatawan.

Jembatan yang melintang di atas Sungai Cisadane ini tak seluruhnya berbahan dari kaca. Bagian transparan tersebut hanya ada sisi kiri dan kanan di tengah jembatan.

Kasus Insiden Jembatan Kaca di Banyumas: Pemilik Ditetapkan Tersangka

"Tidak semua kita berbahan kaca, mengingat jembatan ini akan digunakan untuk lintasan kendaraan juga. Jadi, hanya ada di bagian tengah, pinggir sisi kanan dan kirinya saja. Itu memang sengaja diberikan untuk lokasi berfoto dan warga juga bisa melihat keindahan Sungai Cisadane dari berbagai sisi," kata teknisi Jembatan Berendeng, Dadang Suprapto, Minggu, 4 Februari 2018.

Jembatan Kaca di Tangerang

Top Trending: Polisi Buang Jasad Korban Kecelakaan ke Sungai, Hukum Tahlilan dalam Islam

Jembatan Kaca di Tangerang .(VIVA/Sherly)

Jembatan yang terbuat dari kaca tersebut memiliki luas 7x2,5 meter dengan pertimbangan muatan terbanyak 60 orang dengan beban masing-masing maksimal 80 kilogram. Ketinggiannya, jarak dari sungai dan jembatan adalah 5 meter.

Meski jembatan yang akrab disebut Jembatan Kaca ini belum diresmikan, namun sejumlah wisatawan lokal sudah mulai berdatangan untuk melihat mengambil foto. Salah satunya Chandra, yang datang bersama pasangannya dari Cikupa, Tangerang. Mereka sengaja datang hanya untuk menghilangkan rasa penasaran akan bentuk jembatan kaca tersebut.

"Penasaran mau lihat dan foto. Terus sampai sini puas juga, nyatanya bagus banget. Dari atas sini kita bisa liat Sungai Cisadane hampir keseluruhan. Soalnya khusus di jembatan kaca ini agak tinggi," ungkapnya.

Untuk menuju ke lokasi Jembatan Kaca atau Berendeng tersebut tidak susah. Lokasinya mudah diakses oleh berbagai jenis kendaraan dan transportasi publik, karena letaknya berada di pusat Kota Tangerang. Soal keamanan, jembatan tersebut telah memenuhi standar baik dari jenis kaca yang digunakan maupun kekuatannya menghadapi cuaca.

Di sekitar jembatan pun terdapat jajanan pasar yang murah meriah. Bila sudah puas menikmati keindahan sungai dari atas jembatan, wisatawan dapat melangkahkan kaki menuju sejumlah taman lain yang berada di pinggir sungai, seperti Taman Dayung hanya dengan menyusuri pinggiran Cisadane. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya