7 Cara agar Dibayar untuk Keliling Dunia

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Melakukan perjalanan keliling dunia adalah impian semua orang. Banyak orang mengubur mimpi itu karena terkendala biaya.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Meski ada pilihan traveling murah dengan mencari transportasi atau akomodasi dari Airbnb dan backpacker, biaya yang harus dikeluarkan tetap tidak terjangkau sebagian orang. Tapi, ternyata ada beberapa cara untuk bisa melakukan perjalanan keliling dunia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. 

Anda bahkan bisa melakukan perjalanan ke berbagai negara dan dibayar. Bila Anda mau memanfaatkan kesempatan, ada cara mudah untuk mendapatkannya. 

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Berikut ini tujuh cara agar bisa berkeliling dunia dan menghasilkan uang.

1. Mengajar Bahasa Inggris

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Salah satu cara yang paling mudah dan menguntungkan seseorang untuk bisa berkeliling dunia adalah dengan mengajar bahasa Inggris di beberapa negara di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Pekerjaan di beberapa negara tersebut cukup berlimpah dan kebanyakan, dari mereka tidak mengharuskan Anda berbicara bahasa asli.

Yang lebih menguntungkan lagi, jika Anda memiliki sertifikasi mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (TEFL) maka Anda kandidat yang lebih diminati. Anda bisa menerima gaji sebesar US$36.000 atau setara dengan Rp468 juta setahun di Jepang. Atau US$45.000 setara dengan Rp585 juta di Uni Emirat Arab.

2. Menjadi influencer Instagram

Menjadi influencer dengan banyak pengikut pada akun media sosial bisa menjadi salah satu cara Anda untuk bisa melakukan perjalanan wisata secara gratis dan bahkan mendapatkan keuntungan berupa uang.

Travelgram Jack Morris dan Lauren Bullencurrently parlay, yang memiliki lebih dari 3 juta pengikut Instagram, sukses melakukan perjalanan ke seluruh dunia, dan dibayar dengan gaji besar.

Morris mengatakan kepada Cosmopolitan tahun lalu, bahwa dia pernah mendapatkan US$9.000 atau setara dengan Rp117 juta untuk satu  unggahan di Instagram. Sementara Bullen telah menerima US$7,500 atau setara Rp97,5 juta untuk satu foto. Biasanya dia dan Bullen dibayar untuk mempromosikan berbagai merek dan lokasi melalui umpan mereka.

3. Bekerja di kapal pesiar

Bekerja di kapal pesiar akan mengirim Anda ke tempat-tempat yang eksotis secara gratis, namun ada beberapa hal penting yang perlu diingat. Pekerjaan tersebut memiliki jam kerja yang begitu lama, namun Anda mendapatkan gaji yang sebanding serta perjalanan gratis.

Meski melelahkan, para awak kapal pesiar tetap menerima beberapa fasilitas menyenangkan, seperti ruang makan, pertokoan, kafe internet, gym, area pesta, dan bahkan aktivitas terorganisir lainnya, yang menciptakan budaya yang menyenangkan.

4. Menjadi pemandu wisata

Memandu wisata ke beberapa tempat paling ikonik dan bersejarah di dunia terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Ini bisa memberi banyak variasi, tergantung bagaimana Anda mendekatinya.

Meski mendapatkan perjalanan wisata dan menikmati budaya baru secara gratis, sayangnya keuangan menjadi seorang pemandu wisata tidak terlalu stabil. Mengingat umumnya pandu wisata yang tinggal di satu lokasi kemungkinan akan bekerja freelance

Beberapa pemandu bergantung pada tip dari turis yang murah hati. Berbeda dengan mereka yang bekerja penuh waktu pada sebuah perusahaan wisata.

5. Menjadi blogger 

Menjadi travel blogger profesional adalah hal yang sulit. Saat bepergian ke setiap pemandangan yang bisa dibayangkan adalah bagian pekerjaan yang menggiurkan, dibutuhkan banyak pekerjaan untuk mewujudkannya.

Kebanyakan travel blogger menghabiskan satu tahun membangun situs mereka, dengan memberikan unggahan menarik orang sebelum mereka bisa mendapatkan penghasilan dari situs mereka.

Hampir semua travel blogger memulai hal ini dengan menghabiskan tabungan mereka hanya untuk membangun situsnya hingga pengiklan datang. Namun seperti yang bisa Anda bayangkan, ini adalah pekerjaan yang tidak pernah berakhir. Untuk membuat semuanya bekerja, Anda harus benar-benar mencintai perjalanan dan blogging.

6. Pergi ke WWOF'ing

WWOOF, atau Peluang di Seluruh Dunia untuk Pertanian Organik, bukanlah bisnis tradisional. Anda bekerja sebagai relawan dalam jangka waktu tertentu untuk bekerja di sebuah peternakan, dengan imbalan akomodasi dan makanan.

Meskipun Anda harus membayar tiket penerbangan sendiri ke sana, namun saat berada di sana, akan ada banyak orang yang dapat menawarkan tumpangan ke tempat tujuan berikutnya.

WWOOF'ing bukanlah pilihan karir yang tepat, tapi ini adalah cara terbaik untuk melihat dunia tetap hemat.

7. Memiliki pekerjaan sampingan

Jika Anda memiliki laptop, internet, dan beberapa keterampilan, ada banyak yang bisa Anda ambil agar mendapatkan uang untuk bepergian. Situs seperti Fiverr dan Upwork dibangun untuk memudahkan para pekerja lepas untuk bekerja di mana saja, kapanpun mereka membutuhkannya.

Tentu, jauh lebih mudah jika Anda memiliki rekam jejak dan keterampilan berharga, seperti coding, desain grafis, penulisan, terjemahan, atau editing. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya