Vihara Dharma Bhakti Didatangi Ribuan Pengunjung

Vihara Dharma Bakti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Vihara Dharma Bakti di kawasan Glodok, Jakarta Barat tetap dipenuhi oleh pengunjung. Sejak pagi, bukan hanya pengunjung yang ingin datang berdoa, namun wisatawan asing dan lokal yang penasaran dengan ritual perayaan Imlek turut meramaikannya.

Harapan Jusuf Hamka di Imlek 2023: Tahun Politik Jangan Panas-panas

Menurut Gunawan Jaya Putra, pengurus sementara vihara tersebut, para jamaah sudah datang ke vihara sejak malam Imlek atau Kamis malam, 15 Februari 2018. Menurutnya, jumlah jemaah dan pengunjung yang datang meningkat dibanding tahun lalu.

"Dibandingkan dengan tahun kemarin, pengunjung saat ini meningkat. Vihara sudah dipenuhi sejak jam 10 malam (Kamis malam) dan hingga saat ini sudah terdata 8.000 pengunjung," ucapnya saat ditemui VIVA, Jumat, 16 Febuari 2018.

Tanpa PPKM, Begini Suasana Imlek di Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan

Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah karena pengunjung baik yang ingin berdoa atau sekadar mengabadikan momen perayaan Imlek, dan berfoto di beberapa spot masih terus berdatangan. Tujuan orang banyak datang ke sini karena vihara yang sudah berdiri sejak tahun 1650 memang menjadi tempat sembahyang warga Tionghoa yang berada di kawasan Jakarta.

Prosesi ibadah warga Tionghoa

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Gunawan pun bercerita mengenai prosesi berdoa para warga Tionghoa di vihara saat perayaan Imlek.

"Biasanya saat pertama kali datang, mereka akan membersihkan patung terlebih dahulu yang berarti simbol menghargai, dan berterima kasih kepada para dewa dewi. Setelah membersihkan mereka akan membersihkan diri dengan mandi, dan berganti pakaian, setelahnya berdoa," ucapnya.

Warga Tionghoa sembayang di Vihara Dharma Bhakti

Gunawan menuturkan, ada tahapan-tahapan dalam berdoa. Pertama, setelah mereka selesai membersihkan tubuh, mereka akan menuju altar utama, memanjatkan permohonan dan doa serta membakar beberapa dupa.

Kemudian, mereka menuju ruangan Dewi Kwan Im untuk memanjatkan rasa syukur,  dan kembali berdoa untuk kehidupan yang lebih baik di tahun baru ini. Kegiatan berdoa ini akan terus berlanjut hingga sore atau malam nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya