5 Kota Terindah di Indonesia Bikin Betah Tinggal di Bumi

Kampung warna-warni di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Indonesia adalah salah satu negara terbesar dan paling beragam di dunia. Keindahan alam yang luar biasa, termasuk pemandangan laut yang menakjubkan, serta gunung berapi, pegunungan dan perbukitan, dapat ditemukan di seluruh negeri. 

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Kaya akan sejarah dan budaya, Indonesia yang menjadi rumah bagi sejumlah kota menawan, menarik untuk dijelajahi. Setidaknya ada lima kota di Indonesia yang indah dan wajib untuk Anda kunjungi. 

Berikut ini lima kota terindah di Indonesia yang wajib dikunjungi seperti dilansir dari laman The Culturetrip.  

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

1. Bukittinggi

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

Bukittinggi adalah kota kecil menawan yang terletak di Sumatra Barat. Berada di tengah latar belakang dua gunung yang menakjubkan, dan ngarai yang indah, Bukittinggi menawarkan pemandangan yang menakjubkan. 

Gang batu yang dilapisi batu bara, pasar yang penuh warna, dan makanan jalanan yang lezat, semuanya dapat ditemukan di sekitar menara jam, gedung paling ikonik di Bukittinggi. 

Kota kecil ini juga merupakan pusat budaya, karena masyarakat setempat masih menjaga dan memelihara tradisi dan adat istiadat Minang. Tak jauh dari pusat kota, pengunjung dapat menjelajahi desa tradisional dengan rumah-rumah yang memiliki arsitektur khas Minang.

2. Bandung

Bus wisata di Dago Dream Park, Bandung.

Terletak di Jawa Barat, Bandung yang dijuluki sebagai Paris of Java, karena salah satu kota paling keren dan terindah di Indonesia. Para wisatawan yang akan berkunjung ke sini pun akan terakomodir. Bagi pecinta alam akan terpesona dengan pemandangan indah di dalam dan sekitar kota Bandung. 

Pecinta makanan akan menemukan berbagai macam hidangan lezat sesuai selera mereka, dan pecinta fesyen akan senang bisa menjelajahi banyak pusat pertokoan di kota ini. Pecinta budaya akan menyukai pertunjukan angklung dan galeri seni.

3. Solo

Keraton Solo

Terletak di Jawa Tengah, Solo memiliki banyak kesamaan dengan saudara kembarnya, Yogyakarta. Secara historis, Solo telah menjadi kota kerajaan besar, yakni kerajaan Mangkunegaran dan Kerajaan Kasunanan. 

Saat ini, kota ini memiliki kancah seni dan budaya yang berkembang dan merupakan pusat pendidikan yang terkenal. Batik adalah salah satu bentuk seni yang benar-benar melekat di sini. Solo juga dikatakan rumah bagi orang-orang yang paling lembut berbicara dan menawan di wilayah tersebut.

4. Malang

Melihat Eksotika Keindahan Gunung Bromo

Terletak di Jawa Timur, Malang adalah kota yang menakjubkan, sejuk dan bersih di Indonesia yang dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Mataram. Malang juga merupakan kota yang memainkan peran penting sepanjang sejarah. Hal ini tercermin dari banyaknya sisa bangunan bersejarah yang tersebar di sekitar Malang. 

Kaya akan budaya lokal, Malang memiliki banyak pura yang menarik wisatawan lokal dan asing. Selain pemandangan arsitektur yang indah dan menarik di dalam kota, ada juga pemandangan perkebunan teh yang menakjubkan, air terjun dan pegunungan yang tidak boleh dilewatkan. Malang juga merupakan rumah bagi banyak pantai yang indah seperti Balekambang, Ngliyep dan Sendang Biru.

5. Batu

Legend Star di Jawa Timur Park 3, Kota Batu.

Kota yang indah adalah pusat pertanian, dan wisatawan. Anda dapat melihat kebun apel dan pembibitan anggrek di mana-mana. Dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan yang menakjubkan di sekitar, salah satunya, adalah Gunung Banyak, yang digunakan sebagai lokasi paralayang untuk kompetisi nasional dan internasional. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya