Misteri Sungai Biru di Filipina yang Penuh Sihir

Hinatuan Enchanted River di Pulau Mindano, Filipina
Sumber :
  • Instagram/cheapskate_traveller

VIVA – Melarikan diri dari kepadatan ibu kota dengan mengunjungi daerah pedesaan atau pantai adalah hal yang umum dilakukan. Udara sejuk, dan suasana tenang diyakini bisa mengembalikan mood yang rusak akibat tekanan pekerjaan. 

Turis Jorok Kubur Popok di Pasir, Pantai Ini Langsung Ditutup

Selain itu pegunungan dan sungai di pedesaan pun menjadi salah satu objek yang dicari bagi para pelancong kota yang menginginkan kedamaian dan hawa yang menyejukkan hati dan pikiran. 

Jika sungai-sungai di Indonesia memiliki warna agak sedikit keruh, sebuah sungai di hutan Pulau Mindano, Filipina ini memiliki air layaknya pantai-pantai di pesisir Indonesia yang begitu biru cerah. Di sana Anda akan menemukan sungai sejernih kristal yang indah. 

Baru Dibuka, Museum Dessert Super Cute Dijamin Bikin Betah
Gunung Mayon Erupsi, Filipina Naikkan Level Waspada

Dijuluki Sungai Hinatuan Enchanted, surga bercahaya ini terkenal di seluruh dunia karena warnanya yang tidak biasa. Tidak ada yang mengetahui tentang kedalamannya yang belum dijelajahi, sehingga memunculkan banyak legenda lokal yang fantastis.

Berdasarkan cerita rakyat, konon warna biru itu berasal dari safir dan batu giok yang dibawa peri ke dalam sungai itu. Namun cerita lain menyebut bahwa sungai itu dihantui oleh segala macam makhluk supernatural yang menakutkan dan memikat, yang telah meninggalkan banyak pesona dan sihir untuk melindungi tempat dari manusia. 

Makhluk tersebut dikenal sebagai engkantos atau penyihir sungai. Nelayan setempat bahkan mengatakan bahwa hampir tidak mungkin bagi mereka untuk menangkap ikan dengan cara apa pun di sungai itu. Yang lebih aneh lagi adalah sungai air asin ini tampaknya tidak memiliki sumber apa pun. 

Beberapa orang berpikir pesona alam sungai ini terhubung ke Samudra Pasifik di dekatnya dengan jaringan gua rahasia, terowongan dan gua, tetapi kebanyakan orang setuju soal mitos peri itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya