5 Pulau Tercantik di Dunia, Salah Satunya Raja Ampat

Dermaga Piaynemo Island, Kabupaten Raja Ampat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Darwin Fatir

VIVA – Melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Para traveler pun tidak ragu mengeluarkan kocek yang besar demi memuaskan hati mereka. Salah satu destinasi yang cukup diminati sebagai lokasi berlibur adalah kepulauan dengan hamparan laut biru. 

Rekomendasi Destinasi Wisata Seru Berdasarkan Zodiak

Bagi sebagian orang, pemilihan wisata pulau sebagai destinasi liburan tidak terlepas dari keinginan untuk menepi dari hingar bingar ibu kota dan menyatu dengan alam. Ada pula yang beranggapan ketika menemukan air laut dirinya bisa lebih rileks, dan kembali segar sehingga siap untuk kembali beraktivitas kerja.

Jika Anda termasuk orang yang suka berlibur di kepulauan, namun masih bingung menentukan lokasi yang tepat. Mungkin bisa mengunjungi lima kepulauan cantik di dunia berikut ini, seperti dilansir dari laman Lonely Planet.

10 Destinasi Wisata Favorit Milenial, Bali di Posisi Berapa?

1. Pulau Cumberland, Georgia (Amerika Serikat)

6 Destinasi Wisata Alam Terbaik 2018, Termasuk Indonesia

Tidak seperti kebanyakan garis pantai Timur yang sibuk, Pulau Cumberland adalah pelarian yang indah dan sepi. Anda tidak akan menemukan hingar bingar kehidupan dunia modern di pulau ini.

Statusnya sebagai national seashore dan wilderness area membuat pembangunan di lokasi ini terbatas. Pulau yang hanya bisa diakses dengan kapal feri ini juga terdapat hutan oak, rawa-rawa dan pantai berpasir halus. Pulau ini adalah rumah bagi berbagai macam satwa liar, termasuk penyu dan burung air.

Jangan lewatkan berbagai kegiatan seru seperti menjelajahi pulau ini dengan sepeda atau berjalan kaki, atau tidur di salah satu dari beberapa tempat perkemahan. Yang tidak kalah menarik di sini adalah, ketika malam tengah cerah Anda dapat menyaksikan taburan bintang-bintang di langit.

2. Kepulauan Bay

Roatán dan Utila terletak antara 16 mil (25km) dan 31 mil (50km) di lepas pantai utara Honduras. Terumbu karang di sana diklaim sebagai terumbu karang terbesar kedua di dunia dan dipenuhi dengan ikan, karang, bunga karang, sinar matahari, penyu laut dan bahkan hiu paus.

Roatán adalah tempat paling populer untuk menyelam dan snorkeling. Untuk mendapatkan ketenangan dan bersantai, ada juga pantai pasir putih di West Bay.

Sedangkan Utila sendiri menjadi salah satu lokasi favorit bagi para backpacker, hal ini tidak lain karena pulau ini memiliki sepasang pantai kecil, puluhan hotel, restoran, bar dan toko-toko. 

Selain dari tempat menyelam yang fantastis, daya tarik utama lainnya adalah hiu paus yang sering terlihat di sekitar pulau ini.

3. Raja Ampat, Indonesia

Memiliki lebih dari 1.5000 pulau di Sorong, Papua Barat, Raja Ampat memang telah dikenal karena kecantikan pasir putih, laguna, gua-gua dan perairan pirus berwarna biru kehijauan.

Bukan hanya itu saja, daya tarik lain dari kepulauan ini adalah beragamnya satwa yang melimpah di sini. Seperti beberapa spesies burung cendrawasih yang menari di pepohonan, keanekaragaman kehidupan laut, dan sistem terumbu karang, yang merupakan lokasi impian para penyelam yang menjadi kenyataan.

4. Pulau Yaeyama, Jepang

Di ujung barat daya kepulauan Jepang, Kepulauan Yaeyama adalah rumah bagi  snorkeling dan menyelam terbaik di Jepang. Pulau ini memiliki pantai yang sangat bagus, dan beberapa hutan subtropis.

Anda bisa bersantai di atas pasir atau berjalan santai seharian di pulau utama Ishigaki-jima, menjelajahi pedalaman yang lebat, rawa bakau, dan terumbu karang di dekat Iriomote-jima (perbatasan terakhir Jepang).

Atau benamkan diri dalam budaya pulau Ryukyu di desa tradisional yang dihias bunga di Taketomi-jima, di mana Anda tidak akan menemukan toko serba ada di sana.

5. Crete, Yunani

Berbagai hal menarik bisa Anda lakukan di pulau ini. Mulai dari mencari sisa-sisa peradaban Minoan, yang berusia empat milenium di Istana Knossos. Anda bisa melintasi jalur berbunga liar di sepanjang ngarai terpanjang di Eropa atau mendaki ke Dikteon Cave, tempat kelahiran dari legenda Zeus.

Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan lokal di pedesaan, mulai dari makanan laut segar dan daging domba panggang lembut, hingga keju dan madu. Serta cicipi saus yang dihasilkan dari anggur asli di Iraklio.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya