Menggemaskan, Airbus Mirip Paus Beluga

Beluga Airbus
Sumber :
  • Instagram aviationlyf

VIVA – Produsen pesawat Airbus komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis, meluncurkan sebuah pesawat Airbus yang bentuknya cukup unik.

Taksi Terbang Airbus Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

Ya, meskipun nama teknis pesawat ini adalah Airbus A330-700L, namun pesawat itu lebih dikenal dengan pesawat BelugaXL lantaran kemiripannya yang luar biasa dengan Paus Beluga atau Paus Putih tanpa sirip dorsal.

Dalam peluncuran Airbus tersebut, sebanyak 40 persen karyawan pabrik pun menyambut baik usulan tersebut.

Kembangkan Industri Penerbangan RI, Menhub Perkuat Kolaborasi dengan Airbus

Meskipun Belugas adalah spesies paus terkecil, namun tidak untuk pesawat BelugaXL ini. Pesawat ini akan memiliki kapasitas kargo terbesar dari setiap pesawat non-militer yang beroperasi saat ini.

Mengerikan, Viral Video Detik-detik Pria Tewas Kesedot Mesin Pesawat

Pesawat tersebut memiliki panjang sekitar 20 kaki lebih dan tiga kaki lebih lebar dari Beluga saat ini, yang digunakan untuk membawa bagian pesawat seperti sayap A340.

Pesawat ini sedang menjalani uji coba dan dijadwalkan untuk melakukan penerbangan pertamanya pada akhir tahun. Airbus akan membuat lima BelugaXL, dan yang pertama diharapkan untuk masuk layanan pada 2019.

Untuk diketahui, pesawat ini akan dibawa ke pabrik perakitan terakhir Airbus di Toulouse, Hamburg, Jerman dan Tianjin, China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya