Peringati Hari Gajah Dunia, Taman Satwa Taru Jurug Kedatangan Batman

Batman keliling naik gajah di Taman Satwa Taru Jurug, Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Tokoh superhero 'Batman' ikut memperingati World Elephant Day di Taman Satwa Taru Jurug, Solo, Senin, 13 Agustus 2018. Dua ekor gajah yang bernama Dian dan Manohara itu secara khusus dimandikan oleh Batman dalam perayaan hari spesial tersebut.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Kegiatan peringatan World Elephant Day dipusatkan di kandang gajah di TSTJ. Peringatan Hari Gajah Sedunia itu diselenggarakan oleh manajemen Hotel Novotel dan Ibis Solo, serta pengelola kebun binatang Jurug, Solo.

Sejumlah karyawan hotel tersebut tampak ikut bergantian membersihkan dua ekor gajah dengan cara memandikan dan menyikat kulit gajah. Bahkan, dalam kesempatan itu salah seorang karyawan yang mengenakan kostum pahlawan superhero, Batman, turut memandikan gajah dengan menyemprotkan air ke badan gajah.

Bertemu Prabowo, Gibran Ngaku Bahas Peluang Koalisi dengan PDIP

Selain memandikan dan membersihkan gajah, perayaaan Hari Gajah Sedunia itu juga dilakukan dengan memberikan berbagai jenis buah untuk pakan sang gajah. Para petugas pun harus menandu buah-buahan yang ditata sedemikian rapi di atas tandu dari papan kayu.

Setelah semua prosesi peringatan hari spesial bagi gajah tersebut selesai, selanjutnya tokoh superhero ciptaan DC Comics itu diajak naik ke atas gajah oleh sang pawang gajah. Selanjutnya Batman diajak jalan-jalan keliling kandang Gajah. 

Gibran Akui Ada Pembicaraan soal Kemungkinan Koalisi dengan PDIP

General Manager Novotel dan Ibis Solo, Budi Wahjono mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Gajah Sedunia yang jatuh pada hari Minggu, 12 Agustus 2018. Meskipun sudah pada hari kemarin namun selebrasi untuk acara spesial tersebut dilakukan pada hari ini di TSTJ Solo.

"Kita di Solo ingin memperingati World Elephant Day dengan menggelar acara di kebun binatang Jurug, Solo," kata dia di Solo, Senin, 13 Agustus 2018.

Dijelaskan Budi, kegiatan yang dilakukan yakni dengan cara melakukan perawatan gajah. Perawatan tersebut dilakukan mulai dengan cara memandikan dan membersihkan. 

"Kita ingin mengetahui seperti apa sih perawatan gajah sehari-harinya. Jadi tadi kita ikut memandikan dengan menyikat," ucapnya.

Tak hanya itu, dalam perayaan hari spesial untuk gajah tersebut, pihaknya juga memberikan pakan berupa beraneka jenis buah-buahan dalam jumlah besar yang dibawa dengan tandu. Buah-buahan yang diberikan itu juga atas hasil konsultasi dengan pihak dokter hewan TSTJ.

"Kita konsultasi dengan dokter hewan makanan apa saja yang boleh dibawa untuk diberikan kepada gajah saat World Elephant Day. Ini seperti ulang tahun gajah, kita memberikan buah sedemikian rupa yang ditandu, seperti layaknya hadiah ulang tahun," kata dia.

Populasi Gajah Semakin Menipis

Sementara itu, Direktur TSTJ Solo, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, menyambut baik atas inisiatif dari manajemen Novotel dan Ibis Solo yang menggelar peringatan World Elephant Day di TSTJ. Bahkan, kegiatan merupakan pertama kali yang digelar di kebun binatang Jurug untuk peringatan hari spesial untuk gajah tersebut.

"Kita sangat gembira sekali karena pihak hotel membawakan makanan untuk gajah, serta ikut memandikan gajah. Ini sejarah buat kami," ucapnya.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan kepedulian organisasi, lembaga maupun masyarakat terhadap binatang gajah lebih tinggi. Pasalnya, saat ini populasi gajah semakin menipis, sehingga diharapkan ke depan gajah koleksi TSTJ bisa kembali beranak untuk menambah populasi gajah.

"Kita berharap sepasang gajah yang bernama Dian dan Jati ini dapat kembali beranak setelah dulu sempat melahirkan Manohara yang kini berusia delapan tahun," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya