Bangkitkan Patriotisme, Kunjungi 4 Museum Ini - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 15 Agustus 2018 | 07:24 WIB

Bangkitkan Patriotisme, Kunjungi 4 Museum Ini

Tiketnya tak semahaltiet bioskop.
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Photo :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

VIVA – Hari Kemerdekaan Indonesia hanya tinggal menghitung hari, warna merah putih sudah mulai terlihat di sana sini. Gedung-gedung pencakar langit juga tak mau kalah menghiasi diri dengan nuansa merah putih. Tak sedikit juga mal ataupun tempat umum lainnya yang memutar lagu nasional. 

Diperingati setiap tanggal 17 Agustus, kemerdekaan Indonesia seakan kembali mengingatkan bahwa kemerdekaan, kebebasan yang bisa dirasakan saat ini adalah buah kerja keras para pejuang yang tidak takut melawan penjajah Belanda yang telah ratusan tahun menjajah Tanah Air. 

Sebagai generasi muda bangsa, apalagi yang bisa dilakukan untuk mempelajari, menghargai jasa para pahlawan, selain berkunjung ke beberapa museum untuk mengetahui kisah perjuangan para pahlawan bangsa di masa itu. 

Terlebih tiket masuk museum juga tak semahal biaya nonton film di bioskop. Yuk, kembali mengingat jasa para pahlawan dengan mengunjungi beberapa museum berikut ini, dan perlu diingat, hampir semua museum umumnya akan tutup di hari Senin untuk pemeliharaan. 

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah, Jakarta.

Museum sejarah Jakarta yang berlokasi di Taman Fatahillah, Jakarta Barat ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika ingin mengetahui sejarah tentang pendudukan VOC di Batavia. Masuk lebih dalam, terdapat foto pemimpin VOC Jan Pieterszoon Coen, meriam Si Jagur yang dianggap memiliki kekuatan magis, serta ruang tahanan sempit dan pendek, yang bisa dibayangkan bagaimana para tahanan tinggal berjejalan di dalamnya kala itu. 

Beberapa tahanan yang pernah menempati penjara balai kota ini adalah Untung Suropati, Pangeran Diponegoro. Museum ini buka dari pukul 09.00 hingga 15.00

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Buka dari jam 08.00 hingga 16.00, museum yang terletak di jalan Imam Bonjol nomor 1, Menteng ini juga wajib dikunjungi. Gedung yang dibangun sebagai monumen peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, terdapat banyak barang memorabilia yang menggambarkan suasana serupa peristiwa saat perumusan naskah proklamasi dilakukan. 

Museum Joang '45

Terletak di samping gedung Tedja Buana, Menteng, tak sulit menemukan gedung yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta ini. Di dalam museum, pengunjung bisa melihat jejak perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, seperti mobil Rep 1 Rep 2, dan mobil peristiwa pemboman Cikini. Museum ini buka dari pukul 08.00 hingga 16.00

Museum WR Supratman

Terletak di daerah Tambaksari, Surabaya, siapa tak mengenal sosok WR Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang diperdengarkan setiap 17 Agustus. Di museum ini bisa dilihat tulisan asli WR Supratman ketika membuat lagu Indonesia Raya pertama kali, serta biola bersejarah yang menemaninya saat membuat lagu. 
 

Saksikan Juga

Benteng Otahana Tawarkan Seni Arsitektur Eropa

APA KABAR INDONESIA - lewat 2 tahun lalu
loading...
Muat Lainnya...