Wisata Alam di Kota yang Terkenal Panas, Memang Ada?

Brown Canyon Semarang
Sumber :
  • http://www.semarangplus.com/

VIVA – Siapa yang tak suka dengan pemandangan alam? Selain mampu menjernihkan mata dan pikiran, udaranya yang masih segar dan sejukpun bisa “menghipnotis” kita untuk lebih rileks. Tentu hal yang jarang kita rasakan saat berpacu dengan pekerjaan di kota-kota besar, bukan?

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Nah, pilihan berwisata alam kali ini ada di kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, Semarang. Meski Semarang terkenal dengan stigma kota yang panas dan bikin gerah, karena memang posisi wilayahnya yang begitu dekat dengan laut, namun ada juga, lho wisata alam yang worth it untuk kamu sambangi dan siapa tahu dapat membantu mendinginkan pikiran kamu. Apa saja? Berikut pilhannya.

Umbul Sidomukti

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Pilihan pertama wisata alam di Semarang ada di kawasan Wisata Umbul, Jimbaran. Wisata alam Semarang ini berada di kawasan pegunungan yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti outbond, adrenaline games, dan kolam renang alam.

Selain sarana wisata, kawasan ini juga menawarkan berbagai fasilitas menginap, salah satunya Camping Ground. Ada pula Pondok Wisata dan Pondok Lesehan untuk tempat beristirahat. Bagi penyuka kopi, kamu wajib mengunjungi Pondok Kopi yang menyediakan beragam camilan lezat serta kopi nikmat. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kesejukan pegunungan sambil menyantap berbagai hidangan.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron berada di dalam hutan yang rimbun terletak di Desa Susukan, Ungaran. Kawasan yang dikelilingi pepohonan tinggi ini menjadikannya lokasi yang tepat untuk menikmati udara sejuk. Juga sekaligus menjadi pilihan kedua wisata alam di Semarang. Jika ingin menikmati kesejukan udara lebih lama, kamu bisa bermalam dengan berkemah di area yang tersedia. Menariknya, kawasan ini juga menjadi habitat dari sekitar 97 spesies burung yang bisa kamu temui.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan yang didominasi oleh tanaman jati dan pinus ini menjadi pilihan wisata alam Semarang selanjutnya. Dulunya adalah kebun binatang di daerah Semarang. Tapi, akibat terjadi musibah dan jembatan putus maka kebun binatang tersebut dialihkan ke tempat lain. Kawasan hutan ini cukup luas yaitu sekitar 57,5 hektar.

Wisata hutan ini juga sering dijadikan sebagai area combat game, camping, outbond, wisata burung liar, flying fox dan kegiatan susur sungai. Satu lagi tempat yang sangat fenomenal di hutan wisata Tinjomoyo adalah jembatan Tinjomoyo. Banyak para fotografer yang senang hunting panorama hutan dari jembatan ini.

Brown Canyon

Pilihan berikutnya berwisata alam di Semarang yaitu Brown Canyon. Brown Canyon saat ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat ataupun pengunjung dari luar sebagai salah satu tempat wisata alam. Sebelumnya tempat wisata alam di Semarang Jawa Tengah ini adalah perbukitan pasir, batu padas dan tanah uruk. Akibat penggalian untuk keperluan pembangunan, maka material yang di dalamnya habis. Kemudian menyisakan tebing kecil menjulang tinggi layaknya Canyon. 

Itu tadi adalah 4 pilihan wisata alam di Semarang yang bisa kamu sambangi.  Berwisata alam ke Semarang bisa menjadi salah satu destinasi kamu selanjutnya dalam menjelajahi Indonesia. 

Merencanakan liburan “jaman now” pastinya tidak serepot dahulu. Kamu bisa merencanakan liburan kamu ke Semarang dengan mencari dan memesan hotel di Semarang dengan mudah melalui aplikasi Pegipegi. Pegipegi juga mengajak kamu untuk menjelajah pesona Indonesia melalui program Jelajahi Indonesiamu. 

Selain informasi menarik seputar pesona Indonesia, program Jelajahi Indonesia dari Pegipegi juga memiliki promo menarik untuk kamu yang hobi traveling dan ingin menjelajah Indonesia. 

Informasi lengkap mengenai Jelajahi Indonesiamu bisa kamu dapatkan di laman ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya