Asyiknya Bersepeda Sambil Wisata ke Borobudur

Tour de Borobudur 2018
Sumber :
  • VIVA/ Dwi Royanto/ Semarang

VIVA – Kegiatan olahraga sepeda bertaraf internasional di Jawa Tengah kembali digelar. Acara bertajuk BTN Tour de Borobudur 2018 tersebut dihelat dengan menjajal rute-rute terbaru melintasi sejumlah destinasi unggulan pada 3-4 November 2018 mendatang.

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Tour de Borobudur 2018 merupakan event ke-18 dan pertama kali dihelat pada 2010 silam. Kali ini, sejumlah tempat wisata yang akan disambangi para peserta antara lain, Klenteng Sampoo Kong, Goa Kreo di Kota Semarang, Wisata Buah Plantera Kendal, Perkebunan Ngobo, Rawa Pening Kabupaten Semarang, Kawasan Kopeng Kabupaten Magelang hingga finish di kawasan cagar budaya dunia, Candi Borobudur.

Koordinator kegiatan BTN Tour de Borobudur 2018, Hendra Dharmanto mengatakan kegiatan yang digagas Komunitas Samba Bikers dengan Bank BTN. Event ke-18 ini mengangkat tema 'Banyak Jalan Menuju Borobudur'.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

"Banyak rute baru, itu mengapa temanya 'Banyak Jalan Menuju Borobudur. Selain itu banyak tempat wisata baru, kami memang sengaja memberi pengalaman berbeda setiap tahunnya," kata Hendra, Rabu, 26 September 2018.

Hendra mengungkapkan, selain bersepeda sambil wisata, BTN Tour de Borobudur kali ini bakal diisi dengan kegiatan menanam pohon Trembesi sepanjang Tol Trans Jawa  Batang-Semarang. Penanaman pohon di tol sepanjang 35 kilometer itu dilakukan dengan menggandeng Djarum Foundation Bakti Lingkungan.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

"Jadi nanti kita masuk dari Jembatan Kalikuto ke arah semarang. Ada kegiatan penanaman pohon trembesi di sepanjang tol," terangnya.

Ribuan pesepeda dipastikan bakal kembali dimanjakan melintasi alam Jawa Tengah sebelum tiba di Candi Borobudur. Khusus peserta luar negeri, panitia acara sudah mendapatkan kepastian seperti dari Jerman, Perancis, Jepang, Australia dan Belanda.

Selain perserta dari mancanegara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga dipastikan ikut dalam pesta bersepeda yang turut mempromosikan wisata Jawa Tengah itu.

"Total saat ini sudah ada 900 peserta tercatat di rute 100 kilometer dan 200 kilometer, " katanya.

Pihaknya masih membuka pendaftaran melalui online di event.sambabikers.com, atau bisa langsung mendaftar di Specialized Bike Gallery, Jalan Tegalsari raya 144 Semarang. Kegiatan internasional ini juga menawarkan berbagai hadiah menarik mulai dari asesoris sepeda hingga uang jutaan rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya